Bob Puttileihalat Tersangka Korupsi – Ambon Ekspres
Hukum

Bob Puttileihalat Tersangka Korupsi

LUTFI HELUT/AMEKS TERSANGKA : Mantan Bupati SBB Jacobus Puttileihalat (dua dari kiri), setelah menjalani pemeriksaan oleh penyidik Ditreskrimsus Polda Maluku, Kamis (30/11).

AMEKS ONLINE, AMBON.—Mantan Bupati Seram Bagian Barat (SBB), Jacobus Puttileihalat ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi dana publikasi dan jasa iklan Sekretariat Daerah Kabupaten SBB. Dana tersebut bersumber dari APBD SBB tahun 2014.

Penetapan Bob Puttileihalat sebagai tersangka ini setelah dia menjalani pemeriksaan sekitar empat jam oleh penyidik Ditreskrimsus Polda Maluku, Kamis (30/11).

Pantauan koran ini mantan Ketua DPD Demokrat Maluku itu tiba di Kantor Ditreskrimsus Polda Maluku sekira pukul 16.15 WIT. Dia menggunakan mobil Toyota Agya warna putih, bernomor polisi DE 1921 AH.

Bob didampingi oleh dua orang yang diduga merupakan kuasa hukumnya.
Saat tiba, mantan penguasa SBB dua periode yang menggunakan baju kameja putih lengan panjang itu langsung masuk ke ruang pemeriksaan. Dia mulai diperiksa penyidik sekira pukul 16.30 WIT.

Bob baru keluar dari ruang pemeriksaan sekira pukul 20.40 WIT. Dia langsung masuk ke dalam mobilnya tanpa memberikan komentar apapun kepada awak media yang telah menantinya sejak sore.

Sejumlah penyidik yang berada di kantor tersebut, tak mau memberikan komentar terkait pemeriksaan dan penetapan tersangka kepada Bob.

Kabid Humas Polda Maluku, AKBP Abner Richard Tatuh yang dikonfirmasi membenarkan adanya pemeriksaan terhadap Bob Puttileihalat. Menurut dia, setelah diperiksa, penyidik langsung menetapkan Bob sebagai tersangka.
“Pak Bob Puttileihalat sudah diperiksa oleh penyidik kami di Ditreskrimsus Polda Maluku, kemudian dijadikan tersangka. Beliau (Puttileihalat), diduga terbukti hingga dijadikan sebagai tersangka,” kata Tatuh, kemarin.

Menurut dia, saat pemeriksaan penyidik melayangkan puluhan pertanyaan kepada Puttileihalat berkaitan dengan kasus tersebut. “Kalau tidak salah ada sekitar 96 pertanyaan, yang ditanyakan oleh penyidik kepada pa Bob. Pertanyaan itu berkaitan dengan kasus tersebut. Sudah dijadikan sebagai tersangka. Dan kasus ini akan terus berjalan,” beber dia.

Disinggung soal ada dugaan tersangka lain, yang bakal dijerat dalam kasus tersebut, dia mengaku belum mengetahuinya. “Kita lihat saja perkembangan kasusnya kedepan seperti apa,” kuncinya.

Terpisah Kasi Penuntutan (Kasitut) Kejati Maluku, Rolly Manampiring kepada koran ini mengaku, dengan diterbitkan surat perintah dimulai penyidikan (SPDP), maka sudah pasti akan dijerat tersangka baru dalam perkara yang diduga merugikan keuangan negara hingga Rp 500 juta lebih itu. “SPDP baru itu sudah diterbikan dari bulan lalu. Dan itu sifatnya SPDP umum, belum tahu siapa tersangka barunya. Namun, yang kuat dugaan pak Bob (mantan Bupati SBB-red), dan mungkin juga Sekda,” ucap Rolly.
(AHA/NEL)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!