1 Lagi Perkara DD Naik Penyidikan – Ambon Ekspres
Hukum

1 Lagi Perkara DD Naik Penyidikan

AMEKS ONLINE, AMBON.–Dugaan korupsi Dana Desa (DD) tahun 2016-2017 di Desa Morekai, Kecamatan Seram Utara Timur Kobi, Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) senilai Rp 1 miliar lebih resmi naik ke tahap penyidikan. Demikian disampaikan Kepala Kantor Cabjari Wahai Ajiet Latuconsina kepada koran ini, Minggu (3/12).

Dikatakan, kasus ini sudah ditangani beberapa bulan lalu.
Dugaannya, dua tahun anggaran masing-masing tahun 2015 sebesar Rp 300 juta dan tahun 2016 sebesar Rp 700 juta. Namun, dalam pelaksanaan terhadap dana ini tidak sesuai dengan peruntukan. “Jadi sementara kami usut korupsi DD di Desa Morekai Kecamatan Seram Utara Timur Kobi tahun 2015 dan tahun 2016. Tahun 2015 hanya Rp 300 juta lebih sementara tahun 2016 Rp 700 juta lebih,” ucap Ajiet.

Dia membeberkan, DD yang bersumber dari APBN ini diperuntukan bagi sejumlah pekerjaan fisik di Desa Morekai dan pemberdayaan. Tapi dalam pelaksanaannya, ada sejumlah nota-nota pembelanjaan untuk kegiatan fisik dimanipulasi harga atau di mark up.

Sementara untuk kegiatan pemberdayaan DD yang seharusnya diberikan kepada warga atau kelompok penerima, dijadikan sebagai dana bergulir dan ditarik keuntungan dengan menggunakan bunga.

Sudah 40 saksi yang diperiksa termasuk para perangkat Desa Morekai yang mengelola dana itu. “Masih ada saksi lagi yang akan kami periksa. Jadi ikuti saja nanti prosesnya akan kita sampaikan,” jelas Ajiet.

Menyinggung soal penetapan tersangka, mantan Kasipidsus Kejari Kepulauan Aru ini mengaku, hingga saat ini belum ada. “Nanti kita lihat kedepan, karena selama ini masih dalam tahap penyidikan, dan mungkin tidak lama lagi akan kita umumkan tersangkanya,” tandas Ajiet. (NEL)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!