5 Anggota DPRD Maluku Membandel – Ambon Ekspres
Berita Utama

5 Anggota DPRD Maluku Membandel

AMEKS ONLINE, AMBON.–Sebanyak 5 anggota DPRD Maluku sampai kemarin belum mengembalikan mobil dinas ke pemerintah daerah. Padahal, uang transportnya sudah diterima sebesar Rp 15 juta per orang setiap bulannya.

Pihak sekretariat diminta untuk segera melakukan penarikan paksa. ‘’Kita harapkan seperti itu. Kalau mau jalankan aturan yang benar, maka harus tegas terutama pihak sekretariat mesti menarik mobil dari anggota.

Karena transpornya sudah ambil, mobil tidak mau dikembalikan, ini kan aneh. Informasinya ada 5 anggota yang belum kembalikan mobil dinas,” kata anggota Komisi A DPRD Maluku Amir Rumra kepada Ambon Ekspres, Senin (4/12).

Dia mengatakan, sesuai kesepakatan bersama antara pihak sekretariat dengan pimpinan DPRD, mobil dikembalikan pada 30 Oktober 2017 sekaligus pengambilan uang transpor oleh masing-masing anggota. Ini merupakan perintah undang-undang yang harus dipatuhi. Namun yang terjadi sebaliknya, masih ada yang belum mengembalikan mobil dinas. “Kalau dari sekretariat masih terus membiarkan saja, maka ini tidak adil, dan sudah tidak sesuai dengan kesepakatan sebelumnya. Untuk itu harus ditarik karena mereka sudah mendapatkan uang transpornya per bulan,” paparnya.

Rumra menegaskan, pimpinan DPRD juga diharapkan segera memberikan peringatan kepada anggota yang belum mengembalikan mobil dinas. Jika tidak, ini akan menjadi citra yang tidak baik di mata publik. ‘’Uang sebesar Rp 15 juta itu dipergunakan untuk apa, kalau mobil tidak dikembalikan. Padahal uang itu diperuntukan untuk transportasi anggota,’’ tandas dia.

Dirinya meminta agar anggota yang belum kembalikan mobil, jangan diberikan uang transpornya bulan ini sambil menunggu sampai mobil dikembalikan. Ini sebagai bahan pembelajaran. ‘’Saya kira pimpinan dewan juga harus perhatikan masalah ini. Mereka tidak boleh diam. Harus diberikan teguran. Karena yang patut dipertanyakan adalah uang sebesar Rp 15 juta itu untuk apa saja kalau mobil belum dikembalikan sampai saat ini. Saya minta uang transpor mereka bulan ini harus ditahan, menunggu sampai mobil dikembalikan,” imbuhnya.

Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Maluku Roy Manuhutu, mengatakan sejauh ini pihaknya sudah mengingatkan anggota-anggota yang belum kembalikan mobil. Namun sebagiannya masih beralasan di luar daerah, nanti setelah kembali baru mobil dikembalikan.

Untuk itu pihaknya akan lebih tegas lagi dengan menahan uang transpor bagi anggota yang belum kembalikan mobil. Karena uang tersebut layak diterima khusus bagi anggota yang sudah mengembalikannya. “Kita sudah ingatkan mereka, bahkan sudah diberikan surat tetapi ada beberapa yang mengatakan masih diluar daerah. Nantinya mereka kembali baru mobil dikembalikan. Makanya satu-satunya jalan uang transpor bulan ini kami tahan dulu sambil menunggu mobil dikembalikan,” pungkasnya. (WHB)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!