Berkas Ayal Mengendap di Penyidik – Ambon Ekspres
Hukum

Berkas Ayal Mengendap di Penyidik

Ilustrasi Koruptor/net

AMEKS ONLINE, AMBON.—Pasca ditetapkan sebagai tersangka pada 26 Januari 2017, proses penyidikan terhadap mantan KTU Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) XVI Maluku dan Maluku Utara, Zadrak Ayal belum juga selesai. Penyidik Kejaksaan Tinggi (Kejati) Maluku masih saja beralasan masih dalam tahap proses penyidikan sambil menunggu proses perhitungan kerugian keuangan negara oleh BPKP Maluku.
“Masih dalam tahap penyidikan, sambil pemeriksaan saksi untuk kelengkapan berkas perkaranya. Juga masih menunggu hasil perhitungan kerugian negara oleh BPKP,” ungkap Kasipenkum dan Humas Kejati Maluku, Samy Sapulette kepada koran ini, Selasa (5/12).

Menurutnya, tidak ada kata lambat dalam menuntaskan perkara Zadrack yang adalah tersangka dalam aksus dugaan korupsi pengadaan lahan tahun 2015 di Desa Tawiri, Kecamatan Teluk Ambon. Hanya saja, kata dia, ada beberapa perkara yang juga ditangani bersama penyidik di tahap penyidikan. “Ada berapa perkara yang ditahap penyidikan sama, dan ini juga membutuhkan tenaga penyidik, sementara penyidik kita terbatas. Jadi tidak ada kata lambat, kami tetap profesional untuk menuntaskan kasus tersebut hingga ke pengadilan,” jelas Samy.

Menyoal penahanan, kata Samy, hingga saat ini belum dilakukan oleh tim penyidik. “Hingga saat ini dia (tersangka) belum ditahan, dan soal penahanan adalah kewenangan penyidik, ikuti saja prosesnya,” ujar Samy.

Diketahui, dalam pengusutan kasus pengadaan lahan ini tim jaksa penyidik baru menetapkan satu tersangka yakni Zadrack Ayal. Di perkara ini Ayal berperan selaku Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dari proyek pengadaan lahan seluas 4485 meter persegi itu dengan dana APBN tahun 2015 senilai Rp 3 miliar. (NEL)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!