HEBAT Menanti Putusan Bawaslu – Ambon Ekspres
Politik

HEBAT Menanti Putusan Bawaslu

AMEKS ONLINE, AMBON.—Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Provinsi Maluku hari ini, akan menerima kelengkapan berkas ajuan sengketa dari pasangan Bakal Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku jalur perseorangan, Herman Koedoeboen dan Abdulah Vanath (HEBAT). Selanjutkan, Bawaslu akan melakukan verifikasi dukungan.
“Laporan sengketa sebelumnya sudah dimasukkan oleh tim pasangan HEBAT hari Kamis pekan lalu. Kemudian ketika dilakukan pemeriksaan, ada data yang belum lengkap, sehingga diberikan catatan agar kekurangan itu dipenuhi kembali. Dengan ketentuan waktu selama tiga hari, mulai dari Senin (4/12) hingga Rabu (6/12),” jelas Ketua Bawaslu Maluku Abdulah Ely kepada Ambon Ekspres, Selasa (5/12).

Dia mengatakan, seluruh dokumen sengketa yang diajukan nanti oleh tim pasangan HEBAT, harus dilampirkan dengan softcopinya. Karena itu yang menjadi bukti. “Kita harapkan seperti itu. Semua berkas sengketa yang dimasukkan harus dilampirkan dengan softcopinya, dan ini sudah disampaikan sebelumnya kepada mereka,” katanya.

Apabila berkas pasangan HEBAT sudah lengkap dan resmi diterima, kata dia, maka ada dua hal yang dilakukan oleh Bawaslu. Pertama, melakukan registrasi terhadap sengketa yang diajukan. Kedua, penetapan jadwal sidang penyelesaian sengketa dengan mengundang pemohon dan termohon, yakni tim pasangan HEBAT dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Maluku.

Namun sebaliknya, jika tidak terpenuhi, laporan tersebut dianggap gugur secara hukum dan prosesnya tidak bisa dilanjutkan karena tidak memenuhi persyaratan yang telah ditentukan. “Jadi, pada prinsipnya kami hanya menunggu saja. Kalau persyaratan yang diminta bisa dilengkapi, maka kita lanjutkan dengan tahapan regitrasi, ketetapan waktu, dan mengundang kedua belah pihak ini untuk disidangkan. Karena yang diadukan ini menyangkut dengan dukungan, yang menurut KPU tidak memenuhi syarat,” paparnya.

Dia berharap, tim pasangan HEBAT bisa bekerja dengan baik, sehingga persyaratan bisa dilengkapi. Namun jika semua upaya itu tidak bisa terpenuhi, maka harus menerima resiko.

Terutama dengan tidak membuat hal-hal yang bisa mengganggu jalannya tahapan Pilgub Maluku, maupun Pilkada Kabupaten Maluku Tenggara dan Walikota Tual. “Kita berharap agar dalam proses ini bisa berjalan baik, dan aman sesuai dengan mekanismenya. Sehingga semua pihak tidak merasa dirugikan. Kalau persyaratannya sudah terpenuhi, maka tetap dilanjutkan. Namun jika tidak, maka mari sama-sama kita menjaga suasana ini menjadi lebih aman, agar Pilkada bisa berjalan dengan baik,” pungkasnya.

Sementara Tim Pasangan HEBAT yang dikonfirmasi mengakui bahwa, berkas yang menurut Bawaslu masih terdapat kekurangan semuanya sudah dilengkapi. Berkas sudah diserahkan langsung ke Bawaslu, Selasa (5/12) kemarin. “Memang waktu yang diberikan sampai hari Rabu 6 Desember 2017. Namun berkasnya sudah kami kembalikan hari ini (kemarin) ke Bawaslu pukul 16.00 WIT. Selanjutnya kita tinggal menunggu saja hasil pemeriksaan lanjutan oleh Bawaslu. Kalau memang berkasnya dinyatakan lengkap, maka dilanjutkan dengan registrasi nomor perkarannya,” jelas juru bicara pasangan HEBAT Fajrin Rumalutur kepada Ambon Ekspres, tadi malam.

Dia mengaku optimis dengan berkas yang dimasukkan semuanya sudah lengkap, dan menenuhi persyaratan sesuai dengan yang diminta Bawaslu. “Yang jelas kami sangat optimis berkas yang dimasukan hari ini, semuanya sudah lengkap. Sehingga tinggal menunggu saja perkembangannya kedepan selama pemeriksaan nanti ,” singkatnya.

Diberitakan sebelumnya, dokumen dukungan pasangan HEBAT ditolak KPU Maluku, karena tidak memenuhi jumlah yang disyarakat dalam PKPU, yakni 122.895. Saat itu, tim HEBAT menyerahkan dukungan berupa lampiran Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik atau surat keterangan sebanyak 165.510 dari 11 kabupaten/kota di Maluku.

Jumlah KTP atau surat keterangan melebihi syarat dari ketentuan KPU Maluku sebanyak 122.895 untuk 6 kabupaten/kota. Namun, setelah diverifikasi, hanya 99.203 yang sah. KPU Maluku pun mengeluarkan berita tidak memenuhi syarat. (WHB)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!