Hari ini HEBAT Versus KPU Maluku – Ambon Ekspres
Politik

Hari ini HEBAT Versus KPU Maluku

AMEKS ONLINE, AMBON.—Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Provinsi Maluku akan melaksanakan sidang sengketa Pilkada antara pasangan Herman Koedoeboen-Abdullah Vanath melawan KPU Maluku. Tim pasangan dengan akronim HEBAT, berharap Bawaslu independen dalam persidangan maupun membuat keputusan.

“Tim pasangan HEBAT telah memasukan berkasnya kemarin ke Bawaslu. Kemudian kita sudah melanjutkan dengan melakukan pemeriksaan terhadap berkas itu, dan akhirnya dinyatakan lengkap karena semua persyaratan yang diminta terpenuhi,” jelas Ketua Bawaslu Provinsi Maluku Abdulah Ely kepada Ambon Ekspres, Rabu (6/12).

Setelah dipastikan memenuhi syarat, Bawaslu akan melanjutkan dengan tahapan registrasi masalah ke dalam buku sengketa. Kemudian, pembagian undangan kepada KPU dan tim pasangan HEBAT terkait agenda sidang yang akan dilakukan Kamis (7/12) hari ini.
“Kita sudah melakukan registrasi, dan rencana untuk sidang perdana dimulai besok (hari ini) pukul 16.00 WIT di Sekretariat Bawaslu. Untuk undangannya sudah kami berikan kepada pihak pelapor dan terlapor dalam hal ini tim pasangan HEBAT dan KPU Maluku,” katanya.

Berkas pasangan HEBAT dinyatakan lengkap, karena rujukan Bawaslu pada Undang-Undang (UU) Nomor 10 tahun 2016, tentang tata cara penyelesaian sengketa Pemilihan Gubernur, Wakil Gubernur, Bupati, Wakil Bupati, Walikota dan Wakil Walikota. Kemudian Peraturan Bawaslu (Perbawaslu) Nomor 15 tahun 2017, yang menjelaskan gugatan sengketa dapat dilanjutkan jika sudah memenuhi persyaratan. “Saya kira Bawaslu maupun publik akan tetap menunggu hasil sidang ini seperti apa. Kalau memang ada peluang untuk dilanjutkan, maka tetap dilakukan. Jika tidak, maka masalah sengketa ini dapat dihentikan,” terangnya.

Ketua KPU Maluku Syamsul Rifan Kubangun yang dikonfirmasi mengatakan, pada prinsipnya KPU tetap menghormati undangan yang disampaikan oleh Bawaslu untuk memberikan keterangan dalam persidangan itu. “Kita tetap menghormati undangan Bawaslu dalam proses ini. Karena sudah menjadi tangungagjawab sebagai badan pengawasan pemilu, dan ini perintah undang-undang. Nanti setelah disana baru diketahui bersama, apakah aduan ini, dapat dilanjutkan ataukah sebaliknya,” jelas Kubangun.

KPU telah memberikan beberapa dokumen kepada Bawaslu, menyangkut dengan dukungan tim pasangan HEBAT. “Kami sudah sampaikan beberapa hal yang menjadi dasar kami kepada Bawaslu, yang kemungkinan saja dalam prosenya nanti, data tersebut menjadi acuan bagi kami di KPU,” paparnya.

Terpisah, juru bicara pasangan HEBAT, Fajrin Rumalutur mengaku, pihaknya sangat berterima kasih kepada Bawaslu yang dengan saksama telah melakukan pemeriksaan terhadap semua berkas, permohanan keberatan yang diajukan oleh tim kuasa hukum HEBAT. Dia yakin Bawaslu independen dan bijaksana dalam memutuskan perkara sidang sengketa sesuai ketentuan hukum. “Yang jelas kami sangat berterima kasih kepada Bawaslu dengan menerima semua permohanan keberatan kami. Namun yang terpenting adalah Bawaslu harus imparsial dan independen dalam memutuskan perkara ini di persidangan. Itu yang kami harapkan,” tandas Rumalutur.

Dalam gugatan, tim HEBAT meminta Bawaslu memerintahkan KPU Maluku menghitung kembali jumlah dukungan. Karena bagi mereka, data yang diinput melalui server Silon KPU sudah melampaui 10 persen, dari total jumlah yang diisyaratkan untuk calon independen oleh KPU, yakni sebesar 1.6561, yang kemudian berdasarkan bukti 99 ribu. “Intinya, dalam tuntutan itu kami minta kepada Bawaslu agar KPU harus melalukan rekaputilasi ulang terhadap kelengkapan, bukti fisik form B2 KWK yang kami ajukan. Karena data yang diinput melalui server silon KPU itu sudah melampai 10 persen dari total jumlah yang diisyaratkan untuk calon independen,” pungkasnya. (WHB)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!