Jendral Gatot Merasa tidak Melanggar Etika – Ambon Ekspres
Nasional

Jendral Gatot Merasa tidak Melanggar Etika

AMEKS ONLINE, JAKARTA- Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo melakukan rotasi terhadap 85 perwira tinggi militer. Gatot menegaskan, rotasi tesebut sudah melalui proses yang benar. Menurut Gatot, rotasi yang dilakukannya tidak melanggar prosedur.

Sebab, dirinya melakukan rotasi itu pada tanggal 4 Desember, bersamaan dengan Marsekal Hadi Tjahjanto ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi Panglima TNI.

“‎Itu ditandatangai, kemudian saya ditelpon Pak Mensesneg menyampaikan bahwa menyerahkan surat Presiden kepada DPR,” ujar Gatot saat ditemui di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (6/12).

Oleh sebab itu, Gatot mengaku sama sekali tidak tahu bahwa pada tanggal 4 Desember tersebut, Presiden Jokowi sudah menunjuk Marsekal Hadi sebagai penggantinya.

“Jadi saya sama sekali tidak tahu, dan tidak melanggar etika,” katanya.

Oleh sebab itu, Gatot merasa tidak ada prosedur yang dilanggar. Sebaliknya, adanya pelanggaran, misalnya, jika dia melakukan rotasi pada tanggal 5 Desember sehari setelah Mensesneg Pratikno menyampaikan surat ke DPR.

Sebelumnya, berdasarkan Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/928/XII/2017 yang ditandatangani 4 Desember 2017, tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan TNI, terdapat 85 jabatan yang mengalami pergantian.

Jumlah itu terdiri dari 46 jabatan di TNI Angkatan Darat (AD), 28 jabatan di TNI Angkatan Laut (AL), dan 11 jabatan di jajaran TNI Angkatan Udara (AU). (gwn/JPC)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!