Tolak Deklarasi Trump, Pemimpin Hamas Serukan Gerakan Intifada – Ambon Ekspres
Internasional

Tolak Deklarasi Trump, Pemimpin Hamas Serukan Gerakan Intifada

Ismail Haniyeh Foto : zimbio

AMEKS ONLINE, KEPUTUSAN kontroversi Presiden Amerika Serikat, Donald Trump dengan mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel memicu konflik.

Secara tegas Pemimpin Hamas, kelompok Islam Palestina yang sangat berpengaruh, Ismail Haniyeh, telah menyerukan intifada baru atau gerakan perlawanan rakyat untuk menentang keputusan Trump.

“Kita harus menyerukan dan melakukan intifada dalam menghadapi musuh Zionis,” kata Haniyeh dalam pidato di Gaza, hari Kamis (7/12/2017) seperti dilansir dari BBC Indonesia.

“Mari kita jadikan tanggal 8 Desember sebagai hari dimulainya intifada terhadap kekuatan pendudukan,” lanjutnya.

“Kita sudah memberi instruksi kepada semua anggota Hamas dan semua sayap organisasi untuk siap menerima perintah baru untuk mengatasi ancaman terhadap Yerusalem dan Palestina,” tegasnya.

Warga Palestina, baik di Jalur Gaza maupun Tepi Barat hari Kamis ini menggelar aksi protes dan pemogokan.

Intifada sendiri dilakukan untuk menentang pendudukan Israel berlangsung mulai 1987 hingga 1993 dan yang kedua dimulai pada 2000.

Sebelumnya, pejabat Hamas, Ismail Ridwan, mengatakan keputusan Presiden Trump akan ‘membuka gerbang neraka’ bagi semua kepentingan AS di kawasan.

Ridwan juga mendesak negara-negara Arab dan Islam memutus hubungan politik dan ekonomi dengan kedutaan besar Amerika Serikat dan mengusir duta besarnnya untuk melumpuhkan keputusan itu.

Tak lama setelah pengumuman itu, PBB langsung mengecamnya, yang disampaikan langsung oleh Sekjen Antonio Guterres di New York.

“Dalam momen yang amat mencemaskan ini, saya ingin membuat jelas. Tidak ada alternatif bagi penyelesaian dua negara. Tidak ada rencana B.”

“Saya akan menggunakan semua hal dalam wewenang saya untuk mendukung para pemimpin Israel dan Palestina kembali ke perundingan yang berarti,” tegas Guterres kepada para wartawan. (*/bbc/nin/pojoksumut)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!