Final, Murad-Orno Berpasangan – Ambon Ekspres
Politik

Final, Murad-Orno Berpasangan

AMEKS ONLINE, AMBON.—Murad Ismail dan Barnabas Nathaniel Orno telah sepakat berpasangan di Pilgub Maluku 2018. Surat Keputusan (SK) DPP PDI Perjuangan untuk pasangan ini akan diserahkan pekan depan.

Keputusan ini diambil setelah Murad dan Orno serta tim melakukan pertemuan beberapa kali. Tim Murad juga mengonfirmasi kepastian Murad berpasangan dengan kader internal PDIP Perjuangan yang juga Bupati Maluku Barat Daya (MBD) itu. “Diputuskan malam ini di DPP (PDIP), setelah untuk ketiga kalinya pertemuan MI-BO (Murad Ismail-Barnabas Orno), termasuk timnya,” ungkap elit di DPD PDIP Maluku kepada Ambon Ekspres, tadi malam.

Ia mengaku, DPP PDIP juga sepakat dengan pasangan ini. Pasalnya, DPP yang memberikan kepada Murad maupun Orno untuk berembuk dan membuat keputusan. “Kan DPP kasih kesempatan untuk mereka rembuk dan bersepakat soal pasangan,” tambahnya.

Koordinator tim Murad Ismail, Sam Latuconsina juga mengaku, DPP PDIP dan Murad sudah bersepakat soal bakal calon wakil gubernur, yakni kader internal partai berlambang banteng moncong putih itu. “Sampai hari ini (kemarin) komunikasi dengan DPP PDIP sudah pada titik final, dan hampir dipastikan wakil dari pak MI adalah kader internal PDIP,” ungkap Sam, Jumat (8/12).
Namun, Sam belum menyebut nama. ”Tentang siapa calon wakilnya, kita tunggu sampai pengumuman resmi dari DPP PDIP,” katanya.

TETAP MENDUKUNG
Sam menjamin, pilihan kader internal PDIP sebagai pendamping Murad tetap tidak bermasalah bagi parpol koalisi lainnya, yakni NasDem, Hanura, PKB, PKPI dan PAN. “Sejauh ini komunikasi yang terbangun dengan partai pengusung lainnya semuanya masih positif karena para partai pengusung yang lain memberikan kewenangan sepenuhnya untuk MI menentukan wakilnya, dan mereka berprinsip siapapun wakilnya, gubernurnya tetap MI,” jelas mantan wakil Walikota Ambon itu.

Khusus Partai Gerindra yang semula meminta jatah wakil gubernur, Sam mengatakan, akan dikomunikasikan lanjut. Tetapi, komunikasi dengan Hendrik Lewerissa, ketua DPD Gerindra Maluku tetap lancar. “Sampai hari ini komunikasi dengan pak Hendrik dan Gerindra baik-baik saja. Jadi, nanti setelah kepastian rekomendasi PDIP dan sudah fix wakilnya, baru kita komunikasikan lagi. Saya tidak mau berandai-andai,” ujarnya.

Sebelumnya, Lewerissa menegaskan, Gerindra tetap konsisten mendukung Murad. ”Gerindra tetap konsisten dengan sikap politik partai dalam menghadapi Pilgub Maluku 2018, yaitu tetap mendukung pak Murad Ismail sebagai calon gubernur,” ujarnya.

Lewerissa memastikan, Gerindra tetap konsisten meskipun PDIP juga merekomendasi Murad Ismail. ”Tetap (medukung),” tegasnya.

Wakil Ketua DPW Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Maluku, Jermyas Sery mengaku, partainya memang mengusulkan Orno sebagai wakil Murad. “Untuk PKB sendiri menyatakan dukungannya ke pak Barnabas Orno untuk berpasangan dengan pak Murad Ismail yang sudah PKS rekomendasikan. Itu sudah final di PKB,” ungkapnya.

Murad sudah resmi diusung oleh lima partai politik. Masing-masing NasDem, Hanura, PKB, PKPI dan PAN dengan akumulasi jumlah kursi di DPRD Provinsi Maluku sebanyak 14 kursi. Partai Gerindra yang memiliki 5 kursi telah menyatakan dukungan ke Murad, meski belum mengeluarkan rekomendasi.
Bila ditambah dengan Gerindra dan PDIP 7 kursi, Murad mengantongi 26 kursi DPRD provinsi. Jumlah ini sudah melebihi persyaratan dukungan minimal 8 kursi.

Sedangkan Partai Golkar dengan 6 kursi, Demokrat 6 kursi dan PKS 6 kursi merekomendasi petahana Said Assagaff dan Bupati Maluku Tenggara, Anderias Rentanubun. Dalam waktu dekat PKS akan menyerahkan rekomendasi. (TAB)

Most Popular

To Top