Pengelolaan ADD di MTB-MBD Masih Aman – Ambon Ekspres
Metro Manise

Pengelolaan ADD di MTB-MBD Masih Aman

Ilustrasi/net

AMEKS ONLINE, AMBON.- Pengelolaan Alokasi Dana Desa (ADD) di Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB) dan Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) dinilai cukup baik. Belum ada temuan penyalahgunaan dana itu oleh aparat penegak hukum.

“Sepengetahuan saya, sampai hari ini, untuk di MTB atau MBD, belum ada masalah pengelolaan ADD. Karena semuanya masih bisa dipertangungg jawabkan. Makanya kami juga berharap, agar kedepan harus seperti itu,” Jelas Anggota DPRD Maluku dapil MTB-MBD Melkias Serdikut, kepada Ambon Ekspres, kamis (14/12).

Dia tidak menampik ada laporan masyarakat, tetapi hanya berkaitan dengan program yang kurang sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Itu pun terjadi pada desa-desa tertentu, tetapi secara keseluruhan semuanya dianggap pengelolannya cukup baik.

Berbeda dengan Serdikut, wakil rakyat dari dapil yang sama, Anos Yermies menambahkan pihaknya belum memonitoring secara langsung untuk mengetahui perkembangan pengelolaan ADD di dua Kabupaten itu, termasuk dalam kategori rawan atau sebaliknya.

Setahu dia, belum ditemukan langsung adanya laporan masyarakat kepada pemerintah Kabupaten setempat, maupun aparat penegak hukum terkait penyalahgunan Alokasi Dana Desa (ADD) oleh pejabat desa di MTB maupun MBD.

Politisi Golkar ini mengaku, para pejabat desa juga menyadari anggaran tersebut untuk pengembangan pembangunan infrastruktur ditingkat desa. Sehingga dilakukan dengan baik.

Selain ADD yang merupakan anggaran langsung dari pemerintah pusat, di tahun 2018 nanti ada anggaran yang diberikan oleh Pemerintah Pusat melalui APBN, untuk pembangunan infrastruktur, baik jalan maupun jembatan disetiap kabupaten/kota termasuk MTB-MBD.

“Kalau menyangkut dengan masalaah pembangunan untuk tahun 2018, disetiap Kabupaten/kota termasuk MTB-MBD, pemerintah daerah telah menyediakan anggaran untuk APBD 2018. Bahkan ada juga bantuan anggaran dari Pemerintah pusat, melalui APBN. Adanya dorongan anggaran ini, diharapkan dapat membangun kebutuhan infrastruktur dimasing-masing daerah nantinya,” paparnya. (WHB)

Most Popular

To Top