Surat Pemecatan Fahri Hamzah Bakal Diproses, tapi… – Ambon Ekspres
Hukum

Surat Pemecatan Fahri Hamzah Bakal Diproses, tapi…

AMEKS ONLINE, JAKARTA – Pelaksana Tugas (Plt) Ketua DPR RI, Fadli Zon memastikan surat pemecatan dan pengusulan pergantian Fahri Hamzah dari posisi Wakil Ketua DPR RI bakal ditindak lanjuti.

Pasalnya, surat yang dikirim oleh fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu sudah dibacakan di Rapat Paripurna kemarin. Namun, proses tersebut harus berdasarkan mekanisme yang ada.

“Nah surat dari PKS ini sebetulnya masuk ketika kita sedang lobi di Bamus. Pasti akan direspon karena sudah dibacakan di Paripurna, tapi harus sesuai dengan mekanisme yang ada,” kata Fadli Zon kepada awak media di Gedung DPR RI, Jumat (15/12).

Dijelaskan Fadli, surat PKS ini agak berbeda dengan surat dari fraksi Golkar untuk menggantikan Setya Novanto sebagai ketua DPR, karena surat pengusulan pergantian Fahri Hamzah ini terbentur dengan putusan pengadilan yang memenangkan Fahri.

“Kalau Golkar kan suaranya semua sudah masuk di rapat pimpinan, dan kemudian dibacakan gitu. Sementara Fahri menang di Pengadilan dan putusan meminta PKS tidak mengganggunya sebagai Anggota PKS, Anggota DPR, bahkan Wakil Ketua DPR,” jelas Fadli.

Meski begitu, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra itu menuturkan, unsur pimpinan akan melihat surat yang dikirim oleh PKS, yang mempertanyakan tindak lanjut dari surat sebelumnya.

“Kita akan melihat semuanya harus sesuai dengan aturan MD3 ya. Terkait dengan itu, nanti diperiksa bagaimana kan surat itu adalah menanyakan tindak lanjut surat sebelumnya, jadi itu perihalnya, tentu kita akan sesuai dengan mekanisme nanti,” tuturnya.

Untuk diketahui, Pengadilan Tinggi Jakarta Pusat pada, Kamis (14/12) memenangkan Fahri Hamzah atas banding yang dilayangkan oleh PKS, atas lanjutan putusan Pengadilan Jakarta Selatan yang memenangkan Fahri Hamzah soal gugatan pemecatan dirinya sebagai anggota Partai pada 16 Desember 2016. (Aiy/Fajar)

Most Popular

To Top