Inilah 10 Gempa Terdahsyat Sepanjang Desember 2017 – Ambon Ekspres
Daerah

Inilah 10 Gempa Terdahsyat Sepanjang Desember 2017

AMEKS ONLINE, JAKARTA – Gempa 6.9 SR yang mengguncang Tasikmalaya hingga BMKG mengeluarkan peringatan dini tsunami, menambah daftar panjang kejadian gempa pada Desember 2017.

Sebelumnya, gempa berkekuatan 5.1 SR mengguncang Maluku Tenggara pada 1 Desember 2017. Tiga hari kemudian, tepatnya pada 4 Desember 2017, gempa bumi berkekuatan 5.1 SR juga mengguncang Ambon, Maluku.

Pada hari yang sama, gempa 5.2 SR terjadi di Kupang Nusa Tenggara Timur (NTT). Sehari kemudian, giliran Halmahera Barat, Maluku Utara digoyang bempa 5.1 SR.

Pada tanggal 6 Desember, dua daerah kembali diguncang gempa. Banggai Sulawesi Tengah digoyang gempa 5.5 SR dan Lebong Bengkulu 5.1 SR.

Pada 7 Desember 2017, Kaur Bengkulu dilanda gempa 5.3 SR. Dua hari berikutnya (9/12) giliran Aceh Selatan diguncang gempa 5.0 SR.

Selanjutnya, Sukabumi dilanda gempa 5.2 SR pada 12 Desember 2017. Tiga hari berikutnya, tepatnya pada 15 Desember 2017 tengah malam, Tasikmalaya diguncang gempa 6.9 SR.

BMKG sempat menyebutkan bahwa gempa Tasikmalaya berkekuatan 7.3 SR dan berpotensi tsunami. Namun beberapa menit kemudian, BMKG melakukan evaluasi.

BMKG menyebutkan bahwa kekuatan gempa bukan 7.3 SR, melainkan 6.9 SR. Meski begitu, gempat tersebut tetap berpotensi tsunami.

Lokasi gempat terjadi di 43 Km Barat Daya Kabupaten Tasikmalaya, 66 Km Tenggara Garut, 77 Km Barat Daya Kabupaten Pangandaran, 132 KM Tenggara Bandung, dan 246 Km Tenggara Jakarta.

BKMG juga mengeluarkan peringatan dini tsunami di tiga provinsi, yakni Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Di Jawa Barat, dua kabupaten berstatus siaga, yakni Ciamis dan Tasikmalaya. Tiga daerah lainnya berstatus waspada, yakni Garut, Sukabumi dan Sindang Barang (Cianjur).

Sedangkan di Jawa Tengah, empat kabupaten berstatus waspada, yakni Cilacap, Kebumen, Bantul, dan Kulon Progo.

Gempa ini menyebabkan korban jiwa dan korban luka di Ciamis Jawa Barat. Korban gempa tewas akibat tertimbun reruntuhan tembok bangunan.

“Beberapa rumah di Kabupaten Ciamis rusak akibat gempa. Terdapat korban jiwa dan luka. Masyarakat di pesisir mengungsi ke tempat yang lebih tinggi yang aman dari tsunami,” tulis Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho melalui akun Twitternya, Sabtu (16/12).

Daftar gempa Desember 2017

(one/pojoksatu)

Most Popular

To Top