Dirops Satgas 115 Sambangi Lantamal IX Ambon – Ambon Ekspres
Berita Utama

Dirops Satgas 115 Sambangi Lantamal IX Ambon

AMEKS ONLINE, AMBON.– Dirops Tim Satuan Tugas Pemberantasan Penangkapan Ikan Secara Ilegal (Satgas 115), Laksma TNI Wahyudi Hendro Dwiyono dan Bakamla RI, Laksma TNI Rahmat Eko Rahadjo mengunjungi Lantamal IX Ambon, Rabu (20/12). Kunjungan tersebut terkait inspeksi dan supervisi maupun koordinasi terhadap pelaksanaan kegiatan operasi penanggulangan bersama rumpon di perairan Laut Seram, Provinsi Maluku.

Kedatangan tim ini disambut Danlantamal IX Ambon, Laksma Pertama TNI Nur Singgih Prihartono di Posko Penanggulangan Bersama Rumpon, Mako Lantamal IX, Rabu (20/12).

Eko Rahardjo mengatakan, operasi penanggulangan bersama rumpon tahun 2017 ini merupakan pelaksanaan operasi rumpon yang kedua. Operasi tahun ini merupakan prestasi yang luar biasa. Karena dibandingkan dengan operasi tahun lalu, mengalami peningkatan hingga dua kali lipat. “Terhadap persoalan operasi rumpon ini, merupakan prestasi yang luar biasa. Saya mewakili pimpinan Satgas 115 menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada tim Satgas 115 atas pelaksanaan tugas yang dilaksanakan dengan serius. Sehingga operasi rumpon tahun ini mengalami peningkatan dibanding tahun lalu,” tandas Eko Rahardjo dalam sambutannya.

Tim ini kemudian mendengarkan paparan terkait operasi penyapuan rumpon Satgas 115 di perairan Laut Seram oleh Asisten Operasi Guskamlatim, Kolonel Laut (P) Ketut Budiantara, mewakili Komandan Guskamlatim Laksma TNI Agus Haryadi.
“Hasil operasi penanggulangan bersama rumpon tahun 2017 di perairan Maluku sampai dengan saat ini sementara sebanyak 60 buah rumpon. Terdiri dari rumpon jenis rakit, gabus, besi dan rumpon jenis drum. Dan barang bukti berada di Lantamal IX, Stasiun PSDKP Ambon dan di KRI Soputan-923,” jelas terang Budiantara kepada Ambon Ekspres.

Menurutnya, operasi ini dilaterbelakangi keluhan masyarakat nelayan atas penangkapan ikan secara ilegal dengan alat bantu rumpon sehingga mengurangi hasil tangkapan nelayan tradisional.

Setelah menerima paparan, Dirops Satgas 115 didampingi Danlantamal IX serta seluruh tamu undangan meninjau barang bukti rumpon hasil operasi penanggulangan bersama rumpon di Perairan Laut Seram oleh Satgas 115 yang berada di dermaga dan KRI Soputan-923 yang bersandar di Dermaga Irian Lantamal IX.(ISL)

Most Popular

To Top