Gerindra Buka Kemungkinan Dukung HEBAT – Ambon Ekspres
Politik

Gerindra Buka Kemungkinan Dukung HEBAT

AMEKS ONLINE, AMBON.—Anggota Fraksi Gerindra DPRD Maluku, Raad Rumfoot mengaku, partai yang dipimpin Prabowo Subianto itu, tidak memberikan rekomendasi kepadaMurad Ismail-Barnabas Orno sebagai pasangan bakal calon Gubernur-Wakil Gubernur Maluku 2018. Pasalnya, Gerindra tidak mendapat jatah balon wagub.

“Gerindra awalnya mendukung Murad Ismail. Tapi, tawarannya jika MI mau berpasangan dengan Hendrik Lewerissa selaku Ketua DPD Gerindra Maluku. Namun, yang terjadi sebaliknya, makanya DPP akan mempertimbangkan masalah ini,” kata Raad kepada wartawan, di Kantor DPRD Maluku, Rabu (20/12).

Partai Gerindra, lanjut Raad, juga belum memastikan arah dukungan ke petahana pasangan Said Assagaff dan balon wagubnya, Anderias Rentabubun.

“Untuk Petahana, juga belum bisa ditentukan, apakah Gerindra akan mengusungnya. Kita lihat saja nanti. Intinya kedua pasangan ini, akan menjadi bahan pertimbangan di DPP,” katanya.

Sebaliknya, Gerinda kemungkinan bisa merekomendasi pasangan perseorangan, Herman Koedoeboen-Abdulah Vanath (HEBAT). Syaratnya, pasangan ini harus lolos, tidak bisa lagi membentuk poros baru dengan 5 kursi DPRD provinsi yang dimiliki.

“Bisa saja hal itu terjadi, karena pada saat tawaran Gerindra awal itu kan, tidak disambut baik oleh semua kontestan Pilkada. Untuk itu kami menghendaki, jika Gerindra tidak bisa membuat poros tengah atau poros lain, maka fraksi Gerindra akan mendukung pasangan HEBAT, jika mereka lolos dan ditetapkan oleh KPU sebagai peserta dalam pilgub nanti,”paparnya.

Wakil Ketua Komisi A DPRD Maluku ini menambahkan, apapun keputusan DPP akan ditaati.

“ Politik ini kan berubah kapan saja. Sehingga jika memang DPP, putuskan untuk merekomendasi salah satu pasangan calon dalam waktu dekat ini, kita tetap patuhi itu,” pungkasnya.

Pilgub Maluku diikuti tiga pasangan bakal calon. Murad Ismail-Barnabas Orno dengan partai Nasdem, Partai Hanura, PKPI, PKB, PAN, PDIP dan PPP.

Sedangkan pasangan Said Assagaff dna Anderias Rentanubun diusung oleh Partai Demokrat, PKS dan Partai Golkar. Hanya Gerindra yang belum mengeluarkan rekomendasi.

Sementara itu, pasangan perseorangan Herman Adrian Koedoeboen dan Abdullah Vanath, masih memperjuangkan nasib mereka. Gugatan mereka atas keputusan KPU Maluku, telah diputuskan diterima oleh Bawaslu. Hingga, Rabu (20/12) malam dukungan mereka masih dihitung ulang. (WHB)

Most Popular

To Top