Jagalah Persaudaraan, Kombes Polisi Moh. Yamin Sumitra Direktur Binmas Polda Maluku – Ambon Ekspres
Advetorial

Jagalah Persaudaraan, Kombes Polisi Moh. Yamin Sumitra Direktur Binmas Polda Maluku

AMEKS ONLINE, AMBON.–Saudaraku sebangsa dan setanah air khususnya se-Provinsi Maluku, dalam menghadapi kegiatan Natal dan tahun baru 2018, akan ada pelaksanaan mudik kekampung halaman ke Ambon Manise dan Kabupaten Kabupaten dari luar Maluku, atau ada juga mudik keluar Maluku ke Jakarta, Jawa, Menado, Tanah Toraja dan sebagaian wilayah lain. Sebut saja, Sulawesi, Sumatera, Papua, Kalimantan, NTT, NTB, Bali dll. Ada kegiatan ibadah serta ada kegiatan jalan-jalan dan berlibur atau berwisata.

Sebelum mudik, melaksanakan ibadah, jalan-jalan berlibur, berwisata tolong dipersiapkan rumah yang akan ditinggal agar aman dari kebakaran, pencurian dengan mengecek secara teliti kompor biasa, kompor listrik, seterika listrik, dispenser,lampu-lampu dll, yang dianggap bisa mengakibatkan kebakaran. Benda-benda tersebut, agar dimatikan, pintu, jendela dan pagar agar dikunci serta titipkan kepada saudara dan tetangga. Yakin akan membantu mengamankan.

Kendaraan dan kesehatan fisik agar dipersiapkan secara prima, kendaraan dicek rem, lampu, ban, wiper, air radiator, minyak rem, oli pelumas, kotak obat dan fisik jangan dalam keadaan ngantuk, sakit dan mabok, fisik dalam keadaan sehat dan prima, kotak obat, perlengkapan kunci-kunci, surat-surat kendaraan, bekal, bila istirahat diperjalanan, karena capai dan ngantuk cari tempat yang aman.
Pada acara kegiatan perayaan Natal dan liburan tahun baru 2018, biasanya ada acara pesta makan-makan yang lebih besar dan lebih meriah dibanding hari hari biasa.

Secara otomatis dan wajar secara teori ekonomi bila barang barang konsumsi ini, yang membutuhkan lebih banyak dari hari-hari biasanya harga akan naik sedikit, namun pemerintah (Polri, TNI, Kementrian dan Lembaga terkait), telah berupaya dan berusaha untuk menstabilkan harga barang barang komoditi makanan, BBM dan untuk mencukupi stok persediaan barang barang tersebut pada acara moment perayaan Natal dan tahun baru melalui rapat ditingkat pusat dan tingkat daerah.

Sehubungan dengan hal tersebut diatas pemerintah telah berupaya secara bersama-sama, dan telah memenuhi stok barang-barang tersebut. Namun perlu minta bantuan seluruh komponen bangsa khususnya masyarakat untuk bersama sama memonitor pendistribusian dan penimbunan-penimbunan, oleh distributor-distributor yang nakal sehingga menimbulkan kelangkaan barang-barang komoditi ini, dan harga menjadi naik, apabila menemukan adanya penimbunan-penimbunan yang kelewatan oleh distributor, yang nakal segera dilaporkan keaparat yang berwenang (Polri, TNI, Dinas Perdagangan dan perindustrian, Dolog, BPOM dll )
.
Begitu juga bila mengetahui adanya beredar makanan minuman yang kedaluwarsa segera dilaporkan.
Dalam situasi perayaan seperti ini Polri, TNI, BNPT dan BIN bersinergi bekerja sama untuk mengantisipasi adanya gerakan radikalisme, teroris dan ISIS diseluruh wilayah Indonesia, secara nasional hasil kerja sama ini, dalam kurun waktu sekitar seminggu kebelakang telah ditangkap dan diamankan 20 orang yang diduga keterlibatannya telah melakukan kegiatan teror dan 5 orang tertangkap diluar negeri.

Untuk mengantisipasi kegiatan-kegiatan ini, secara bersama dimohon untuk bersama memonitor apabila melihat adanya kegiatan orang baru atau orang yang aneh-aneh dilingkungannya, yang gerakannya dan tindakannya mencurigakan, adanya kumpul-kumpul agar seluruh warga masyarakat, RT, RW, Kepala Desa, Lurah, Linmas, Raja segera laporkan ke Bhabinkamtibmas, Babinsa, Polsek, Koramil, Polres, Kodim, Polda dan Kodam.

Begitu juga memonitor dan perangi peredaran Narkoba menjelang tahun baru, yang biasanya semarak, dan jangan membakar dan menjual petasan, kecuali kembang api yang diijinkan.

Dalam berlalu lintas dengan situasi ramai dan padat dimohon lebih berhati hati, jangan mengebut, taati peraturan lalu lintas dan jangan dilanggar, ingat kita semua adalah saudara kita saling menjaga keselamatan diri kita masing-masing, dan jaga keselamatan saudara kita yang lainnya jangan minum minuman keras demi keselamatan, keamanan, ketertiban dan kedamaian diacara perayaan, pesta dan berliburan ini, kita jaga keamanan secara bersama
. Situasi kondisi hujan angin yang cukup besar akan berpengaruh kepada banjir, tanah longsor dan ombak dilaut yang cukup besar serta tinggi harus diantisipasi dan waspada dengan iklim ini.

Semoga semua bahagia, aman, damai, penuh cinta kasih sayang dalam perayaan Natal, dan pesta tahun baru 2018, semoga Allah melimpahkan rahmat dan hidayah kepada kita sekalian amin. (*)

Most Popular

To Top