Jika HEBAT Lolos, Jadwal Pilgub Maluku Bergeser – Ambon Ekspres
Politik

Jika HEBAT Lolos, Jadwal Pilgub Maluku Bergeser

AMEKS ONLINE, AMBON.- Proses hitung ulang verifikasi dukungan perseorangan pasangan bakal calon Herman Koedoeboen dan Abdullah Vanaath, masih sementara dilakukan. Namun KPU berpendapat, jika lolos pasangan yang diakronim HEBAT ini masih perlu bekerja keras.

Komisioner KPU Maluku, La Alwi menjelaskan, andai kata perhitungan ulang yang sementara dilakukan terhadap dukungan perserorangan pasangan bakal calon HEBAT lolos tahapan tersebut, maka jadwal dan tahapan yang telah ditentukan oleh KPU akan dirubah.

Namun hal tersebut belum dapat dipastikan karena, mengingat masih dalam proses verifikasi hitungan ulang sesuai keputusan Bawaslu Maluku, atas sengketa Pilkada tersebut.

“Terkait verifikasi dukungan perseorangan dirubah sub tahapan pencalonan. Tentang dukungan perseorangan, jika mengalami perubahan. Kalau dari hasil perhitungan ulang ini, memenuhi syarat. Kalau tidak maka tidak perlu,” tandas La Alwi kepada awak media, di KPU Maluku, Rabu (20/12).

Dijelaskan, saat ini masih dalam proses penelitian jumlah sesuai persyaratan yang diharuskan mencapai 122.895 untuk 6 kabupate/kota. Jika naik, maka akan dilanjutkan ke verifikasi administratif. Sehingga pasangan HEBAT, juga harus memiliki cadangan dukungan untuk memenuhi dukungan tersebut, jika nantinya diminta untuk dilakukan perbaikan.

“Misalnya, dari verifikasi administratif, sesuai ketentuan 122.895, hanya 80 ribu, maka sisanya kita coret semua. Kemudian 80 ribu itu kita turun ke desa untuk faktual. Dan jika hanya 40 ribu yang memenuhi syarat misalnya, maka 40 ribu ini punya BA 8 KWK perseorangan. Mereka masukan ke KPU saat mendaftar tanggal 8 sampai 10 Januari. Tetap kita terima 40 ribu, dengan kekurangan sekitar 85 ribu sekian. Namun saat perbaikan, dukungan tersebut harus dipenuhi dua kali lipat. Kemudian serahkan kepada kita dan kita lakukan hitungan lagi seperti ini, apakah memenuhi syarat atau tidak. Kalau tidak, kita coret,” terangnya.

Menurutnya, jika memang dalam tahapan tersebut pasangan bakal calon HEBAT memenuhi syarat, maka tentu dilakukan verifikasi administrasi kembali. Dimana dari 122.895 dukungan, berapa yang memenuhi syarat administratif maka akan dilakukan perbaikan sesuai tahapan sebelumnya. Dengan turun ke desa untuk lakukan verifikasi faktual kembali.

“Misalnya, jumlahnya memenuhi 122.895, artinya ada perbaikan lagi baru dinyatakan memenuhi syarat. Tapi kalau perbaikan itu naik misalnya yang pertanama 40, kemudian yang kedua tidak cukup maka tidak memenuhi syarat dan gugur sebagai pasangan calon. Jadi jika lolos, HEBAT masih perlu kerja keras. Dan tanggung jawab masih besar,” ujarnya.

Tempat yang sama, Ketua Tim Pemenangan HEBAT, Michael Paliyama menambahkan, saat pertama menyampaikan syarat dukungan ke KPU, pasangan bakal calon HEBAT telah memiliki cadangan dukungan. Hal tersebut telah dipersiapkan jika ada perbaikan berkas yang diminta oleh KPU.

“Disamping kita masuk dengan kekuatan yang ada, kita punya cadangan. Hal itu dipersiapkan apabila dilakukan perbaikan berkas. Maka pasti kita masukan. Dan semua sudah siap,” kata Paliyama.

Dirinya menilai, jika perhitungan selesai dan diberikan waktu perbaikan, maka tim HEBAT akan langsung memasukan dukungan cadangan tersebut agar dilakukan gitungan ulang untuk memenuhi syarat sebanyak 122.895.

“Yang pasti cadangan kita melebihi. Kita sudah persiapkan dengan kekuatan 50 persen. Cuma kita menunggu dulu hasil perhitungan di KPU,” tutup dia. (ISL).

Most Popular

To Top