Menhub Lepas Mudik Gratis Kapal Laut di Ambon – Ambon Ekspres
Ekonomi

Menhub Lepas Mudik Gratis Kapal Laut di Ambon

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi didampingi Direktur Fasilitas dan Peralatan Pelabuhan PT Pelindo IV, Farid Padang beserta SKPD terkait, meninjau persiapan mudik Natal di Pelabuhan Yos Sudarso Ambon, Kamis (21/12). Icha Wurlianty/Ameks.

AMEKS ONLINE, AMBON.-Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi melepas ratusan mudik gratis dengan menggunakan kapal laut di Terminal Penumpang Pelabuhan Yos Sudarso, Ambon jelang hari raya Natal Tahun 2017, Kamis (21/12) malam.

Sebelum melepas mudik gratis menggunakan kapal laut, yakni KMP. Tanjung Kabat tujuan Ambalau-Wamsisi-Namrole-Leksula-Tifu , KMP. Lelemuku tujuan Saumlaki dan KN. Alpard milik Navigasi Ambon tujuan Larat, Budi Karya sempat meninjau terlebih dahulu ke dalam kapal, mulai dari kamar-kamar tempat para pemudik beristirahat, serta fasilitas yang ada didalam kapal tersebut.

Dia juga berbincang-bincang dengan para peserta mudik gratis yang sudah ada di dalam kapal. Melihat antusiasme peserta mudik gratis, Menhub mengaku berterimakasih, karena dengan ini mampu mengatasi lonjakan arus mudik khususnya ke daerah Maluku Tenggara Barat (MTB) dan Maluku Barat Daya (MBD).

Dikatakannya, kedatangan dirinya secara khusus ke Ambon untuk memastikan mudik natal berjalan dengan baik.

“Dari sekian banyak itu daerah yang saya datangi, Ambon yang punya masalah. Karena tadi pagi saya dapat kabar wartawan, saya kontak semua pihak akhirnya ada kapal dari navigasi, pelni tambah sehingga hari ini mudik yang gratis bisa selesai semuanya,” katanya kepada wartawan di Pelabuhan Yos Sudarso Ambon.

Menhub berharap, aparat dapat memberikan pelayanan yang baik. Termasuk kerjasama dari semua stakeholder dan instansi untuk mudik gratis ini.

” “Saya harapakan aparat berikan layanan yang baik. Kalau layanan baik kita diberikan kemudahan, bagi saudara-saudara kita yang ke Maluku Tenggara Barat dan Barat Daya bisa berjalan baik.

Menurutnya, debgan mudik gratis yang diselenggarakan Pemprov Maluku, dapat membeeikan pelayanan yang baik bagi masyarakat menjelang natal khususnya.

Budi manambahkan, untuk pelayanan mudik antar pulau hari ini (kamis malam-red) merupakan hari terakhir, selanjutnya hanya jarak dekat melalui penyeberangan fery besok (hari ini). Yang jarak jauh yang lebih dari 12 jam sudah selesai.

“Kalau ditempat lain tidak ada komplain. Kalau yang di Ambon selesai, tinggal kita pikirkan jelang tahun baru dan arus baliknya,” ungkap Menhub.

Secara keseluruhan, terkait peninjauan sebelum kapal bertolak dari Pelabuhan Yod Sudarso, dikatakan sudah baik karena kapal-kapal yang digunakan angkut pemudik ini sudah docking terlebih dahulu.

“Kalau kelayakan ya relatif, ini kan masa puncak begini susah berikan servis yang prima karena jumlah penumpang banyak.
Mudik gratis kali ini, tidak diperkirakan karena masih ada 350 pemudik, makanya kita siapkan kapal,” katanya.

Mengenai antisipasi cuaca buruk, sambung Budi, pihaknya telah meminta data lengkap dari semua instansi untuk diperhatikan. “Kami minta aparat dan operator data selengkapnya, agar setelah kapal digunakan sesuai tantangannya. Jangan yang ombak tiga meter terus pakai kapal kecil. Lebih baik menunda sedikit daripada memaksakan. Kita minta satu toleransi. Kita minta semua cermat . Dari pantauan terakhir cuaca tidak ekstrim jelang natal. Relatif baik,” bebernya. (IWU)

Most Popular

To Top