Antisipasi Difteri, Dinkes Bursel Lakukan Imunisasi DPT – Ambon Ekspres
Lintas Pulau

Antisipasi Difteri, Dinkes Bursel Lakukan Imunisasi DPT

AMEKS ONLINE, NAMROLE.- Sesuai hasil kajian dan tinjauan lapangan, Kabupaten Buru Selatan (Bursel) bebas dari penyebaran difteri.

Penyakit yang menyerang selaput lendir pada hidung dan tenggorakan tersebut dapat menyebabkan kematian, karena penderita akan mengalami nafas pendek dan berisik.

Penyakit tersebut cukup banyak merebak pada sejumlah wilayah di Indonesia. Hal tersebut mengundang perhatian Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bursel, khususnya Dinas Kesehatan.

“Jadi sesuai dengan hasil kejian dan monitoring dilapangan, wilayah kabupaten Buru Selatan bebas dari penyakit Difteri yang belakangan ini melanda sejumlah wilayah di Indonesia,”ujar Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bursel, Ibrahim Banda, beberapa waktu lalu.

Walau kabupaten tersebut bebas difteri, tapi sejumlah langkah telah diambil oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Bursel. Diantaranya, meminta seluruh puskesmas maupun pustu untuk melakukan imunisasi DPT (difteri, pertusis dan tetanus) kepada masyarakat.

Langkah pelaksanaan imunisasi DPT tersebut sejalan dengan intruksi Kementerian Kesehatan RI untuk mengantisipasi penularan penyakit tersebut di masyarakat.
“Kita disini sudah tindaklanjuti itu saat pertemuan  dengan semua pimpinan puskesmas maupun pustu untuk dilakukan imunisasi DPT,” ungkapnya.

Menurut Ibrahim, dengan pelaksanaan imunisasi DPT, penyebaran penyakit difteri bisa dicegah. “Mudah-mudahan dengan langkah imunisasi yang kita lakukan ini dapat mencegah masuknya penyakit tersebut, sehingga Buru Selatan tetap bebas dari penyakit yang  telah merengut sejumlah nyawa pada beberapa daerah di Indonesia,” pungkasnya. (ESI)

Most Popular

To Top