Pelarian Pemerkosa Berakhir di SBT – Ambon Ekspres
Kriminal

Pelarian Pemerkosa Berakhir di SBT

IST DITANGKAP : Polisi membawa Ibrahim Rumasukun (tengah) yang merupakan buronan kasus pemerkosaan di Provinsi Papua Barat. Dia ditangkap di Kabupaten SBT, Provinsi Maluku.

AMEKS ONLINE, AMBON.—Upaya melarikan diri dari pengejaran polisi berakhir. Ibrahim Rumasukun (33), tersangka asusila yang kabur dari rumah tahanan (rutan) Polres Sorong diamankan di Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), Selasa (2/1).

Ibrahim lari dari Rutan Polsek Sorong Barat Polres Sorong, Polda Papua Barat dengan cara menggergaji terali besi sel. Dia kemudian meloloskan diri melalui atap plafon sel.

Tersangka yang merupakan warga Kabupaten SBT ini terlibat kasus pemerkosaan.
Polres Sorong mengetahui pelarian tersangka ke SBT, kemudian melakukan koordinasi dengan kepolisian setempat. Mendapat informasi, Satuan Reserse Kriminal Polres SBT mengamankan Ibrahim di pelabuhan Sesar Bula, SBT sekira pukul 17.00 WIT.

Kabid Humas Polda Maluku Kombes Mohamad Roem Ohoirat membenarkan penangkapan terhadap Ibrahim Rumasukun. Ibrahim menumpangi KM Fajar Baru, namun akhirnya berhasil ditangkap anggota Polres SBT saat turun dari kapal. “Hasil koordinasi diketahui kalau tersangka melarikan diri ke SBT dengan KM Fajar Baru.

Setelah kapal tiba di Pelabuhan Sesar pukul 17.00 WIT, dia ditangkap anggota Reskrim Polres SBT. Dilakukan interogasi, dokumentasi dan selanjutnya dilakukan koordinasi dengan Polres Sorong,” ungkap Ohoirat, Rabu (3/1).

Ibrahim melarikan diri Senin dini hari sekitar pukul 02.30 WIT. Pelariannya diketahui setelah patroli mengecek tahanan. Pelarian Ibrahim baru diketahui anggota piket Polsek Sorong Barat pada pukul 03.30 WIT.

Menurut Ohoirat, berdasarkan laporan polisi, Ibrahim Rumasukun teregister dengan nomor LP/447/XII/2017/Papua Barat/Res Sorong Kota, tentang tindak pidana pemerkosaan. Kejadian berlangsung tanggal 27 November 2017.

Kejadian sekitar pukul 20.00 WIT, dengan lokasi kejadian di Kawasan Jalan Bukit Baru, Kelurahan Klabala, Distrik Sorong Barat, Kota Sorong, Provinsi Papua Barat. Dia dijerat dengan pasal 258 KUHPidana. “Dia sudah dibawa dari Polres SBT ke Ambon dan rencana akan dititipkan di Polres Ambon sambil menunggu anggota Polres Sorong untuk melakukan penjemputan tersangka. Mungkin malam ini (Kamis-red), rencana tiba Ambon pukul 23.00 WIT,” tutup Ohoirat. (ERM)

Most Popular

To Top