Walikota Turunkan Tarif Parkir – Ambon Ekspres
Berita Utama

Walikota Turunkan Tarif Parkir

AMEKS ONLINE, AMBON.—Walikota Ambon Richard Louhenapessy mengeluarkan kebijakan untuk menurunkan biaya parkir mobil. Kebijakan tersebut berdasarkan Peraturan Walikota (Perwali) Nomor 01 tahun 2018, tentang perubahan atas Perwali Nomor 42 tahun 2016 tentang Perubahan Tarif Parkir di Jalan Umum.

Penurunan biaya parkir untuk daerah Kota Ambon ini, telah diberlakukan saat Perwali tersebut diterbitkan 2 Januari 2018. Perubahan tarif parkir, hanya berlaku bagi kendaraan roda 3, 4, 6 dan seterusnya. Sementara untuk kendaraan roda dua, tidak mengalami perubahan.

Sekretaris Kota (Sekot) Ambon, A G Latuheru mengatakan, penurunan tarif perparkiran kendaraan telah ditetapkan walikota melalui berbagai pertimbangan dan atas dasar berbagai masukan dari masyarakat Kota Ambon. “Pak walikota telah mengambil kebijakan atas penurunan tarif parkir di jalanan.

Kebijakan tersebut atas masukan masyarakat dengan mempertimbangkan berbagai hal. Bahwa tarif yang semula ditetapkan itu agak tinggi jika dibandingkan dengan kota lain. Terutama kota yang sama tipenya, yakni kota sedang lainnya,” tandas atuheru, kepada awak media di lantai II Balai Kota Ambon, kemarin.

Kabag Hukum Setkot Ambon, Jhon Slarmanat menambahkan, penandatanganan perwali yang pertama dilakukan di tahun ini, atas pertimbangan asas keadilan kepada masyarakat. Juga didasarkan pada pertimbangan yang membebani para pengguna jasa parkir.

Dikatakan, ada 2 kategori perparkiran yang ditetapkan untuk dilakukan perubahan. Diantaranya, untuk zona bebas 1 kali parkir bagi kendaraan roda dua sebesar Rp 2.000. Kemudian untuk roda 4 senilai Rp 3.000 dan roda 6 Rp 4.000. Sementara diatas roda 6 ditetapkan menjadi Rp 5.000. “Jadi yang mengalami perubahan itu untuk kendaraan roda 3, 4, 6 dan diatas roda 6. Sementara roda 2 tidak mengalami perubahan dan tetap diangka Rp 2.000 untuk satu kali parkir,” papar Jhon.

Menurutnya, setelah ditandatangai maka aturan penuruan retribusi parkir telah resmi diberlakukan. Dan untuk proses sosialisasi akan dilakukan sesegera mungkin. Bahkan hingga persoalan teknis lainnya akan ditindaklanjuti oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Ambon. ‘’Jadi mulai hari ini (kemarin) masyarakat sudah bisa menyesuaikan tarif parkir dengan aturan yang baru. Dan sosialisasi dan teknis lainnya akan dilakukan dinas perhubungan,” tutup Jhon.

Anggota Komisi III DPRD Ambon, Ali Ohorella menegaskan, penurunan tarif parkir yang telah dilakukan sangat diapresiasi oleh DPRD dan juga masyarakat Kota Ambon. Dia berharap sosialisasi segera dilakukan kepada masyarakat. “Kami apresiasi kebijakan walikota terhadap penurunan retribusi parkir yang dilakukan berdasarkan pertimbangan-pertimbangan. Akan tetapi, perlu dilakukan sosialisasi yang menyeluruh sehingga seluruh pengendara bisa mengetahui informasi ini,” ungkap Ohorella.

Dirinya menilai, perlu juga disampaikan terhadap para juru parkir (jukir) agar tidak memanfaatkan kesempatan ini untuk mencari keuntungan pengguna kendaraan. Karena masih banyak yang masih membayar parkiran khusus untuk roda empat sebesar Rp 5.000. “Juru parkir juga harus diingatkan. Karena masih ada pengendara yang membayar parkiran mobil menggunakan harga lama. Jika memang ada juru parkir yang sengaja acuh dan menerima biaya parkir lama yang dibayarkan pengendara, maka harus diberi sanksi tegas. Kita minta agar dishub tidak terlalu lama dalam menindaklanjuti perwali ini,” pintanya. (ISL)

Most Popular

To Top