Ibu Kota Negara Baru Segera Ditetapkan, Dimana? – Ambon Ekspres
Nasional

Ibu Kota Negara Baru Segera Ditetapkan, Dimana?

AMEKS ONLINE. – Rencana pemindahan ibu kota semakin mendekati titik akhir. Kajian pemindahan ibu kota saat ini disebut telah diserahkan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dalam kajiannya, terdapat rincian mengenai kriteria calon pengganti Jakarta.

Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) Sofyan Djalil mengatakan, calon ibu kota baru tidak boleh berawa-rawa dan wajib bebas banjir.

“Yang kami lihat pertama topografi, tidak daerah banjir, bukan rawa-rawa, sampai dengan air, dan aspek kecocokan sebuah kota,” ujarnya di Kementerian Koordinator Perekonomian, Jakarta, Kamis (4/1).

Saat disinggung mengenai daerah yang akan mengganti Jakarta, Sofyan enggan menjawab karena bukan kewenangannya. Namun, dipastikan calon ibu kota baru nanti akan berada di luar Pulau Jawa.

“Dilihat kan lokasi di mana yang cocok dari sisi pemilikan lahan dan mana yang cocok untuk sebuah kota. Tapi perjalanan lebih teknis itu dilakukan Menteri Bappenas,” terangnya.

Meski demikian, tidak semua daerah di luar Pulau Jawa terjamin aman dari ancaman banjir. Untuk itu pihak terus mengupayakan kajian mendalam untuk menentukan daerah itu sebagai calon ibu kota.

“Kita cari di luar Jawa, jadi enggak semua tanah cocok, misalnya kalo hujan banjir, jangan lagi ibu kota baru seperti itu,” pungkasnya.

(hap/jpc/pojoksatu)

Most Popular

To Top