Hari Ini HEBAT Daftar ke KPU – Ambon Ekspres
Politik

Hari Ini HEBAT Daftar ke KPU

Wajib Kumpulkan 102.820 Dukungan, Lagi

AMEKS ONLINE, AMBON.—Bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku jalur perseorangan, Herman Koedoeboen-Abdullah Vanath tidak memenuhi jumlah minimal dukungan. Namun, pasangan dengan akronim HEBAT ini tetap bisa mendaftar dengan 71.485 dukungan yang memenuhi syarat.

Berdasarkan hasil rekapitulasi jumlah dukungan minimal pasangan perseorangan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Maluku, Minggu (7/1) dan Senin (8/10), jumlah dukungan HEBAT hanya 71.485 atau kurang sebanyak 51.410. Sebab, sesuai ketentuan KPU, jumlah minimal dukungan pasangan perseorangan untuk Pilgub Maluku 2018 sebanyak 122.895.

Jumlah dukungan pasangan HEBAT yang memenuhi syarat (MS), meliputi Kepulauan Aru 1.393, Buru 570, Buru Selatan 209, Kota Tual 5.386, Seram Bagian Barat (SBB) 4.801, Maluku Tengah 14.237, Kota Ambon 16.655, Maluku Tenggara 7.446, Maluku Barat Daya 191, Maluku Tenggara Barat 1.103 dan dan Seram Bagian Timur 19.494. “Hasil verifikasi yang tidak memenuhi syarat dalam berita acara sudah dicantumkan.

Bahwa kekurangan dari syarat yang ditetapkan itu sebanyak 51.410 dukungan. Dimana calon perseorangan wajib memperbaiki jumlah dukungan tersebut agar mencapai jumlah sesuai syarat yang ditentukan. Dan jumlah minimum syarat yang ditentukan adalah dua kali lipat dari jumlah kekurangan yaitu berjumlah 102.820 dukungan,” terang La Alwi, usai pelaksanaan pleno terbuka rekapitulasi jumlah dukungan bakal calon perseorangan di KPU Maluku, Senin (8/1).

Diakuinya, selanjutnya pihak KPU masuk pada tahapan pendaftaran bakal calon, yang diatur dalam undang-undang maupun peraturan KPU. Bakal calon perseorangan yang telah memperoleh formulir BA 8 KWK perseorangan berhak mendaftarkan diri sebagai calon perseorangan untuk calon Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku tahun 2018. “Nanti akan kita lakukan proses penelitian terhadap jumlah kekurangan itu. Dan akan diberitahukan untuk diperbaiki pada masa perbaikan dokumen dukungan bagi pasangan calon perseorangan. Jadi proses penelitian sudah diatur dalam jadwal. Dan proses memperbaiki dokumen dukungan itu dua kali lipat dari jumlah kekurangan itu sendiri,” paparnya.

Menurutnya, mekanisme tahapan penyerahan dukungan akan sama dengan proses penyerahan dukungan sebelumnya ke KPU. Yakni proses penyerahan dukungan diatur seperti proses verifikasi administrasi awal yang dilakukan pasangan bakal calon HEBAT di KPU. Dan yang memenuhi syarat administrasi diserahkan ke KPU kabupaten/kota untuk selanjutnya diserahkan kepada petugas PPS untuk dilakukan verifikasi faktual kembali. “Mekanismenya sama dengan yang dilakukan pada tahapan awal. Bedanya, proses verifikasi faktual yang dilakukan PPS untuk perbaikan dokumen, tidak lagi menggunakan sensus. Tetapi PPS akan lakukan secara kolektif. Artinya penghubung pasangan calon mengumpulkan dukungan secara kolektif, baru dilakukan verifikasi faktual oleh PPS,” ujar dia.

Sementara itu, Ketua KPU Maluku, Rivan Kubangun menambahkan, sesuai ketentuan KPU Maluku telah membuka pendaftaran calon gubernur dan wakil gubernur Maluku 2018, sejak tanggal 8 – 10 Januari 2018. Meskipun pengumuman pendaftaran telah diumumkan sejak tanggal 1 – 7 Januari 2018, belum ada satupun pasangan bakal calon perseorangan maupun yang diusung partai politik, datang mendaftar di hari pertama.

Namun diperkirakan, kata Kubangun, hari ini pasangan bakal calon HEBAT akan mendaftar pukul 14.00 WIT sampai 16.00 WIT. Kemudian Rabu besok diikuti oleh pasangan Said Assagaff dan Anderias Rentanubun (SANTUN), pukul 13.00 WIT – 15.00 WIT. Sesuai surat masuk yang disampaikan kepada KPU Maluku Senin kemarin.
“Secara kelembagaan KPU Maluku sudah siap melaksanakan proses pendaftaran. Dan kami sudah jelaskan kepada pasangan bakal calon untuk siapkan dokumen terkait syarat pencalonan dan calon. Jadi soal teknis dan jadwal sudah kita sampaikan. Itu proses pendaftaran dibuka sejak pukul 08.00 WIT sampai 16.00 WIT,” ujarnya.

Menurutnya, KPU akan melihat dan meneliti syarat pencalonan dan syarat calon yang disampaikan dalam pendaftaran. Karena ada tahapan penelitian dan pemeriksaan kesehatan di RSUD, hingga tahapan perbaikan yang diberlakukan bagi calon perseorangan maupun partai politik. “Untuk perseorangan menurut peraturan perundang-undangan PKPU harus memasukan dua kali lipat minimal tadi kekurangan yang dimasukan pada masa perbaikan. Penyerahan itu tanggal 18 – 20 Januari. Jadi nanti kita lihat besok (hari ini) ketika mereka daftar,” tandasnya.

Sesuai rencana, satu-satunya pasangan kandidat dari jalur independen itu, mendaftar pada Selasa (9/1) hari ini. Kepastian waktu pendaftaran ini juga telah disebarkan oleh ketua tim pasangan HEBAT, Michael Palijama lewat surat resmi tim yang dibagikan ke media sosial facebook.

Juru bicara pasangan HEBAT, Fajrin Rumalutur membenarkan. Fajrin mengaku, tidak ada iring-iringan massa dalam proses pendaftaran. “Jam 14.00 WIT – 16.00 WIT. Tidak ada iring-iringan massa. Titik kumpul di kediaman Pak Herman di Halong,” ungkap Fajrin kepada Ambon Ekspres, tadi malam.

Fajrin menambahkan, tim juga sudah mulai mengumpulkan dukungan KTP, untuk nantinya diserahkan ke KPU. Ia sangat optimis, HEBAT akan memenuhi jumlah dukungan minimal. ”Sedang melakukan penggalangan dukungan KTP kembali. Kami sangat optimis,” katanya. (ISL/TAB)

Most Popular

To Top