Berkas HEBAT Dikembalikan – Ambon Ekspres
Politik

Berkas HEBAT Dikembalikan

AMEKS ONLINE, AMBON.—Komisi Pemilihan Umum (KPU) Maluku mengembalikan berkas pendaftaran calon Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku milik Herman Koedoeboen dan Abddulah Vanath (HEBAT). Pasangan jalur perseorangan ini diberikan waktu untuk melengkapi tiga dokumen sebagai syarat pencalonan dan syarat calon sebelum pukul 24.00 WIT, hari ini.

Sebelum dikembalikan, seluruh berkas pendaftaran milik pasangan HEBAT dimasukkan ke KPU Maluku yang dipantau langsung Bawaslu Maluku. Ada tiga formulir yang diperiksa oleh KPU selaku penyeleggara pemilu, yakni formulir BA8 KWK, formulir BKWK perseorangan yang berisi surat pencalonan dan formulir model B3 KWK perseorangan yang berisi pernyataan visi misi pasangan bakal calon perseorangan sesuai RPJMD daerah.

Namun ada tiga dokumen yang tidak dicantumkan untuk dimasukan bersamaan dalam persyaratan pencalonan dan persyaratan calon milik pasangan HEBAT. Yakni terkait surat keterangan pajak milik Herman Koedoeboen. Kemudian dokumen tanda terima Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) dan laporan pajak milik Abdullah Vanath.

Ketua KPU Maluku, Syamsul Rifan Kubangun mengatakan, status pasangan HEBAT masih dianggap tidak memenuhi jumlah dukungan perseorangan. “Jadi berkas pasangan HEBAT kita kembalikan untuk dilengkapi. Dan batas waktu yang ditentukan sampai tanggal 10 Januari besok (hari ini) jam 12 malam,” tandas Kubangun kepada awak media usai proses pendaftaran di KPU Maluku, Selasa (9/1).

Diakuinya, ada tahapan perbaikan yang diberikan bagi pasangan HEBAT untuk memperbaiki segala kekurangan dukungan pada 18 – 20 Januari 2018. Dimana pasangan HEBAT harus melengkapi permitaan KPU untuk melengkapi dukungan sebanyak dua kali lipat sesuai ketentuan. “Jadi kekurangan wajib dilengkapi untuk dimasukkan pasangan HEBAT. Dan jika tidak melengkapi kekurangan tersebut, maka KPU nyatakan pasangan HEBAT tidak mendaftar. Karena kita tidak mengeluarkan tanda terima pendaftaran sebagai pasangan bakal calon perseorangan. Dan soal perbaikan itu telah dijadwalkan tanggal 18 sampai 20 Januari,” pungkasnya.

Sementara itu, Herman Koedoeboen menjelaskan, kekurangan dokumen pendaftaran sesuai persaratan pencalonan dan persyaratan calon akan segera dilengkapi. Dikatakan, jumlah kekurangan dukungan minimum sebanyak dua kali lipat sesuai permintaan KPU, akan dilengkapi dan dimasukkan ke KPU sebelum batas waktu yang ditentukan. “Jadi soal kekurangan surat dokumen ini karena terkendala waktu, tetapi akan kita lengkapi dan kembali besok (hari ini) untuk memasukan kembali seluruh berkas pendaftaran.

Bahkan jumlah kekurangan dukungan juga akan kita lengkapi,” terang Herman.
Disinggung soal banyaknya laporan kepolisian terkait pemalsuan KTP pendukung, Herman mengaku tidak mengetahui persoalan tersebut. Namun menurut dia, persoalan dukungan gelap merupakan hal biasa yang sering terjadi di dunia perpolitikan. Dirinya meyakinkan, bahwa dukungan eKTP terhadap pasangan HEBAT akan mencukupi dukungan yang disyaratkan KPU. “Saya tidak tahu soal laporan dukungan palsu. Tetapi kalau ada penumpang gelap di politik itu biasa. Karena ketika disodorkan, tim dilapangan juga tidak tahu apakah ini dicuri atau tidak. Dan itu fenomena biasa dalam perpolitikan. Dan kekurangan dukungan pasti akan kita penuhi. Anda kan lebih tahu dukungan masyarakat,” ujar dia. (ISL)

Most Popular

To Top