M Romli, Penyandang Disabilitas yang Menjadi Tukang Parkir – Ambon Ekspres
Features

M Romli, Penyandang Disabilitas yang Menjadi Tukang Parkir

Banyak dijumpai orang yang memiliki keterbatasan fisik. Tak jarang di antara mereka yang ‘bekerja’ menjadi pengemis. Namun tidak demikian dengan M Romli. Menggunakan kruk, ia memilih bekerja menjadi tukang parkir di Jalan Monginsidi.

OLEH: MOCH KHAESAR, Wartawan Radar Sidoarjo

BERJALAN dengan tertatih-tatih, M Romli terlihat sedang mengatur mobil untuk parkir. Memiliki keterbatan fisik tak membuat pria yang tinggal di kawasan Buduran Siwalanpanji ini mengemis. Sebaliknya ia tetap ingin memberi nafkah keluarganya dengan kerja keras, meskipun menjadi tukang parkir.

Bahkan menjadi tukang parkir ini sudah ia geluti sejak tahun 1990 silam. Ia tidak malu melakukan itu. Sebab, dari pekerjaan inilah ia telah mampu menyekolahkan kedua anaknya. “Yang satu sudah lulus kuliah, dan yang kedua ini masih SMA,” ungkapnya kepada Radar Sidoarjo.

Ia menuturkan menjadi tukang parkir tak membuat dirinya patah semangat. Sebaliknya, menjadi tukang parkir justru membuatnya semakin termotivasi. Maksudnya, ia ingin menunjukkan bahwa dirinya mampu bekerja dengan kondisi yang dialaminya sekarang.
“Karena niat saya untuk menafkahi keluarga dengan hasil kerja saya sendiri, tanpa meminta-minta,” katanya.

Pria berusia 50 tahun ini menjelaskan keterbatasan fisik ini karena kecelakaan yang dialaminya tahun 1979 silam. Saat itu ia membantu ibunya bekerja, ia tertabrak mobil. Akibat kecelakaan itu, kaki kirinya lalu diamputasi.

M Romli menambahkan banyak suka duka yang dialami selama menjadi tukang parkir. Misalnya, ia pernah mendapat celaan dari orang, tapi hal itu tak membuat semangatnya runtuh. Sebaliknya, semua itu membuat mentalnya semakin kuat.

Dia juga memiliki keinginan agar anak-anaknya mengenyam pendidikan tinggi. Ia ingin tetap merampungkan sekolah anak keduanya dan menginginkannya kuliah. “Karena kakaknya sudah lulus kuliah, saya juga ingin anak kedua ini juga kuliah,” ujarnya. (sb/sar/rek/JPR)

Most Popular

To Top