HEBAT Sesumbar Bisa Penuhi Dukungan – Ambon Ekspres
Politik

HEBAT Sesumbar Bisa Penuhi Dukungan

AMEKS ONLINE, AMBON.—Tim pasangan bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku perseorangan, Herman Koedeoboen – Abdullah Vanath kembali menggalang dukungan e-KTP. Tim pasangan dengan akronim HEBAT, itu juga mengklaim telah menyiapkan 3.000 lebih penghubung.

Penggalangan KTP elektronik tengah dilakukan di 11 kabupaten dan kota di Maluku. Tim mengaku, masyarakat antusias memberikan KTP miliknya. “Kami sementara lagi menggalang dukungan KTP dalam jumlah besar. Antusiasme publik untuk memberikan KTP luar biasa di 11 kabupaten/kota cukup tinggi,” ujar juru bicara pasangan HEBAT, Fajrin Rumalutur saat dihubungi Ambon Ekspres, Minggu (14/1) malam.

Saking banyaknya dukungan KTP, tim pasangan HEBAT menambah tenaga sukarelawan untuk menyalin dokumen administrasi ke formulir B.1-KWK Perseorangan. Tim optimis bisa mengumpulkan KTP melebihi jumlah kekurangan yang diwajibkan, yakni 102.820 KTP. “Intinya, sebagai tim kami yakin dengan antusiasme publik hari ini yang ramai memberikan KTP.

Bahkan kami membutuhkan tambahan tenaga dua kali lipat dari sebelumnya untuk mengejar batas penyerahan dukungan tambahan tanggal 18 – 20 Januari,” ungkapnya.

Berdasarkan rapat pleno Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Maluku, dukungan pasangan yang memenuhi syarat (MS) hanya 71.485 atau kurang sebanyak 51.410. Sebab, sesuai ketentuan KPU, jumlah minimal dukungan pasangan perseorangan untuk Pilgub Maluku 2018 sebanyak 122.895.

Olehnya itu, pasangan HEBAT diwajibkan menyerahkan dukungan sebanyak dua kali lipat dari 51.410, yakni 102.820 KTP. Dukungan yang diserahkan nanti, tidak boleh orang yang sama saat penggalangan sebelumnya.

SIAP HADAPI VERIFIKASI FAKTUAL
Berdasarkan Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2017 tentang pencalonan kepala daerah, dukungan yang akan diserahkan pasangan HEBAT akan dihitung dan diteliti lagi oleh KPU Provinsi. Bila jumlah yang dimasukkan tidak memenuhi jumlah minimal dukungan, HEBAT langsung dinyatakan tidak memenuhi syarat.

Dengan demikian, tidak ada lagi verifikasi administrasi dan faktual tahap dua. Sebaliknya, jika dukungan dinyatakan memenuhi syarat minimal,dilanjutkan ke verifikasi administrasi dan verifikasi faktual lagi.
“Untuk dukungan perseorangan, kita akan hitung jumlah dukungannya. Kami lihat seperti apa. Yang jelas, kami akan melayani mereka di tanggal 18 – 20 berkaitan dengan perbaikan syarat dukungan, dimana dukungan mereka kurang sekitar 102 ribu lebih. Waktu perbaikan tiga hari. Itu saja,” ungkap Ketua KPU Maluku, Syamsul Rifan Kubangun.

Fajrin yakin, pihaknya telah siap menghadapi verifikasi administrasi maupun faktual jika dukungan pasangan HEBAT dinyatakan memenuhi jumlah yang disyaratkan. Dengan bantuan 3.000 lebih pendamping atau penghubung, proses klarifikasi dukungan akan berlangsung secara efektif.

Menurut dia, kekurangan 51.410 dukungan sebelumnya karena sempitnya waktu verifikasi faktual yang hanya lima hari. Sehingga pendamping tidak berkesempatan mencari dan mengumpulkan warga yang tidak ditemukan oleh Petugas Pemungutan Suara (PPS).

“Untuk kali ini, kami sudah sangat siap dan telah berkoordindasi dengan tim di kabupaten/kota. Kami juga sudah menyusun dari awal tim pendamping untuk 3.000 lebih TPS di seluruh kabupaten/kota. Sehingga ada kendala di lapagan seperti sebelumnya, dengan cepat kami antisipasi sejak awal,” pungkas Fajrin. (TAB)

Most Popular

To Top