Pertamina Dorong Rehabilitasi Terumbu Karang – Ambon Ekspres
Pilihan Redaktur

Pertamina Dorong Rehabilitasi Terumbu Karang

AMEKS ONLINE, AMBON.-Dalam rangka mewujudkan kelestarian lingkungan, PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region VIII (MOR VIII) melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) melaksanakan kegiatan transplantasi terumbu karang di wilayah perairan Taman Wisata Alam Laut (TWAL) Pulau Pombo, Kabupaten Maluku Tengah, Kamis(18/1).

Program yang dilakukan oleh Pertamina MOR VIII – TBBM Wayame bekerja sama dengan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Maluku ini, lebih memfokuskan pada upaya konservasi dengan teknik transplantasi di beberapa titik terumbu karang di kawasan Pulau Pombo yang mengalami kerusakan.

Unit Manager Communication & Relations MOR VIII, Eko Kristiawan menyampaikan, pelaksanaan program konservasi terumbu karang ini merupakan bagian dari Corporate Social Responsibility (CSR) PT Pertamina (Persero) dalam upaya pelestarian biota laut. “Pertamina senantiasa mendukung upaya pelestarian biota laut di wilayah Pulau Pombo khususnya terumbu karang, karena memiliki peran penting dalam ekosistem laut sebagai media perkembangan biota dan menjadi habitat ikan-ikan,” ujar Eko.

Kepala BKSDA Provinsi Maluku, Mukhtar Amin Ahmadi menambahkan, lokasi Pulau Pombo ini aksesnya sangat terbuka dengan masyarakat dan banyak ditemukan pencari ikan di lokasi ini, sehingga tersisa dari luas perairan ini hanya 30 persen yang masih bagus. “Kami terus upayakan agar potensi biota laut yang tersisa bisa terus dilestarikan. Salah satu upayanya ada tim pengawas yang melibatkan masyarakat untuk mengawasi perairan ini agar tidak di bom lagi,” jelasnya.(IWU).

Most Popular

To Top