Masalah Pendidikan Harus Jadi Perhatian – Ambon Ekspres
Pendidikan

Masalah Pendidikan Harus Jadi Perhatian

AMEKS ONLINE, AMBON.–Dia mengatakan, dengan adanya anggaran tahun 2018, pendidikan harus menjadi prioritas. Karena sejauh ini perkembangan pendidikan di Maluku masih berada pada urutan bawah, jika dibandingkan dengan provinsi lain.
Kemudian, meningkatkan mutu pendidikan, kata dia, perlu ada upaya yang dilakukan.

Ini penting karena untuk melahirkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas, berawal dari pendidikan bermutu. “Kita bicara sesuai fakta yang ada. Dimana kondisi pendidikan masih dibawah, beda jauh dengan daerah lain. Masalah pendidikan belum diperhatikan secara baik,” jelasnya.

Srikandi asal Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini mengakui, kelemahan pendidikan di Maluku, terutama diwilayah perbatasan antara lain, terjadinya kekurangan guru yang bermula dari penempatan guru tidak secara merata. Penempatan guru hanya difokuskan pada sekolah-sekolah tertentu.

Sementara, kondisi yang terjadi disekolah lain, banyak yang tidak memiliki guru. Selain itu, persoalan infrastrukrur sekolah yang tidak memadai, karena belum diperhatikan oleh pemerintah kabupaten secara maksimal, sebelum dilimpahkan ke provinsi.

Olehnya itu, kata dia, persoalan tersebut harus menjadi perhatian pemerintah dan dinas terkait, untuk dilakukan evaluasi. Minimal penempatan tenaga guru harus merata, sesuai kebutuhan yang ada. “Salah satu masalah kita adalah penempatan guru, yang kebanyakan bertumpu pada satu tempat. Bahkan ada guru yang ditempatkan di daerah-daerah terpencil, tidak menjalankan tugas dengan baik. Masalah seperti ini kita temui saat melakukan reses. Makanya ini perlu dievaluasi oleh pemeritah,” tegasnya.(WHB)

Most Popular

To Top