Edwin: Deklarasi Itu Sinyal Menang – Ambon Ekspres
Politik

Edwin: Deklarasi Itu Sinyal Menang

AMEKS ONLINE, AMBON.–Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Maluku, Edwin Adrian Huwae menilai, deklarasi pasangan bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku 2018, Murad Ismail-Barnabas Orno sebagai sinyal kemenangan. Massa yang menghadiri deklarasi mecerminkan kecintaan kepada pasangan dengan akronim BAILEO.

“Deklarasi merupakan salah satu acara politik yang kita lakukan, dan saya kira yang menghadiri cukup banyak. Itu menandakan bahwa memang kecintaan masyarakat kepada pasangan ini yang dibuktikan dengan kehadiran itu, memberikan satu sinyal positif bagi pasangan pak Murad dan pak Abas, bahwa ada peluang untuk memenangkan pertarungan ini,” ujar Edwin kepada wartawan usai verifikasi faktual DPD PDIP oleh KPU Maluku di kantor DPD PDIP Maluku, Karang Panjang, Selasa (30/1).

Diberitakan Ambon Ekspres, Senin (29/1), deklarasi pasangan Murad-Barbanas di Lapangan Merdeka, Sabtu (27/1) dipadati ribuan massa. Baik warga maupun massa pendukung dan simpatisan parpol pengusung pasangan yang diusung oleh PDIP, Hanura, PKB, PAN, Gerindra, Nasdem, PKPI dan PPP tersebut.

Menurut pengamat komunikasi politik Said Lestaluhu, strategi tim dan konsultan menggunakan instrumen artis untuk menarik massa dalam jumlah banyak untuk menghadiri deklarasi, cukup berhasil. Ajang show force ini menjadi ramai, dengan keterlibatan publik figur artis.

Dengan demikian, lanjut dia, pasangan BAILEO sudah punya modal awal yang bagus. Tapi, massa deklarasi tidak bisa diklaim akan memilih pasangan BAILEO pada 27 Juni nanti.

Sebab, tidak semua warga yang hadiri deklarasi murni karena partisipasi dan keinginan sendiri untuk mendengarkan orasi politik kandidat. Justru, bisa terbalik. Mereka datang hanya untuk melihat dan mendengarkan Fildan bernyanyi secara langsung.
“Jadi, masyarakat yang hadir di deklarasi, salah satu alasannya termotivasi oleh artis. Nah, yang kita harapkan, orang datang bukan semata-mata karena faktor-faktor tertentu, misalnya karena ada artis atau faktor mobilisasi, tapi atas kesadaran diri untuk menyaksikan para kontestan menyampaikan ide dan gagasan cerdas, yang kemudian menjadi hal-hal baru menjawab persoalan di Maluku,” papar Said yang juga menyaksikan deklarasi tersebut.

Direktur RESCO, M Jais Patty menilai, pelibatan artis pada acara deklarasi dan kampanye merupakan hal lumrah dalam perhelatan politik. Tapi sejauh ini, actris effect (dampak artis) itu hanya sebagai bentuk show force, dan tidak terlalu berpengaruh ke kandidat.

JAMIN PDIP SOLID
Di sisi lain, Edwin mengaku, parpol pengusung terus mempersiapkan diri untuk mensosialisasikan pasangan BAILEO ke masyarakat. Menurut dia, bila semua parpol terkonsolidasi dengan baik, BAILEO berpeluang menang. “Kami kira, kalau seluruh partai terkonsolidasi dengan baik, dan bekerja dengan menggunakan isu-isu perubahan yang dikemas secara baik, masyarakat akan punya simpati yang luar biasa bagi pasangan pak Murad dan pak Abas,” katanya.

Dia juga menegaskan, kader dan pengurus PDIP Maluku hingga ke desa-desa tetap solid memenangkan pasangan tersebut. Bahkan, PDIP juga telah melakukan Rapat Kerja Daerah Khusus (Rakerdasus) dalam rangka kesiapan kerja pemenangan Pilgub Maluku. “Sampai saat ini seluruh pengurus PDI Perjuangan solid. Kalau potensi gangguan seperti itu (tidak solid), sampai sekarang tidak ada. Kita bisa sukses melaksanakan agenda partai untuk kerja pemenangan Pilgub, menjadi satu indikator, partai solid untuk memenangkan pak Murad dan pak Abas,” tegasnya.

Namun, jika terdapat dan terbukti kader maupun pengurus tidak bekerja untuk BAILEO, apalagi bekerja untuk pasangan calon lain, akan dipecat. Sedangkan bagi anggota DPRD, dicopot dari jabatan.
“Kalau ada bukti, pasti disanksi tegas. Siapapun dia. Mau di pengurus partai, termasuk saya sekalipun, kalau sekiranya kemudian didapati dan terbukti yang tidak bekerja sungguh-sungguh akan dapat sanksi. Untuk anggota DPRD, saya pastikan akan ditarik dari keanggotaan. Tapi kalau dari pengurus partai, pasti kita akan dipecat juga dari keanggotaan partai,” pungkasnya.(TAB)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top