Berharap Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi – Ambon Ekspres
Ekonomi

Berharap Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi

RESKY SOHILAIT/ameks PERDANA : Pesawat Wings Air tipe ATR-72 500 sesaat setelah mendarat di Bandara Namniwel Namlea, Kabupaten Buru, Kamis (1/2).

Maskapai penerbangan Wings Air, resmi melayani rute Ambon – Namlea dan Namlea – Ambon setiap hari. Penerbangan perdana sudah dilakukan pada 1 Februari 2018.

OLEH: ASMA PAYAPO, Wartawan Ambon Ekspres

Pukul 07.10 WIT, Kamis (1/2), pesawat Wings Air ATR 72 – 500 mendarat mulus di Bandara Namniwel, Kabupaten Buru. Pesawat mengangkut 72 penumpang dari Bandara International Pattimura Ambon. Diantara para penumpang, ada Bupati Buru Ramly Umasugi serta sejumlah investor yang ingin melihat potensi yang ada di Kabupaten Buru untuk dikembangkan.

Suasana di ruang tunggu Bandara Namniwel cukup ramai. Tidak heran, karena selain penumpang yang hendak berangkat ke Ambon, juga karena ada persiapan syukuran atas penerbangan perdana Wings Air rute Ambon – Namlea dan Namlea – Ambon.

Bupati Ramly Umasugi dan Area Manager Lion Group wilayah Maluku dan Papua Ramli Makawimbang disambut Wakil Bupati Amos Besan, Muspida Buru dan tamu undangan. Mereka tampak sumringah. Penerbangan perdana ini menjadi saksi sejarah perjuangan panjang Pemkab Buru untuk meningkatkan akses transportasi udara di Bumi Bupolo itu.

Bupati Ramli sangat bangga. Ia menyampaikan terimakasih kepada Lion Air Group karena sudah menyetujui permintaan Pemkab Buru untuk melayani rute ini. Menurut dia, kehadiran maskapai Wings Air merupakan harapan dan kerinduan masyarakat Kabupaten Buru. “Saya selaku pribadi maupun atan nama pemerintah daerah mengucapkan terimahkasih  yang mendalam kepada Lion Air Group yang merespons begitu cepat surat kami kepada kementrian maupun kepada pihak perusahaan untuk melayani rute penerbangan Namlea – Ambon dan Ambon – Namlea,” tuturnya.

Dia berharap, kehadiran Wings Air dapat memicu pertumbuhan ekonomi  maupun pembangunan. ‘’Angkutan udara merupakan suatu kebutuhan. Kita tahu bahwa kemajuan  dan perubahaan saat ini hanya akan didapati dengan berbagai fasilitas transportasi yang baik,’’ terangnya.

Umasugi juga menyampaikan terima kasih kepada Pemprov Maluku dan pemerintah pusat  yang telah memberikan alokasi anggaran untuk pembangunan Bandara Namniwel. “Saya berharap, dengan adanya transportasi udara ini dapat merubah minset masyarakat Kabupaten Buru yang tadinya orang berfikir bahwa naik pesawat hanya untuk mereka yang memiliki banyak uang atau kalangan tertentu. Semoga seluruh masyarakat Kabupaten Buru dapat menikmati angkatan udara dan dapat merasakan seperti yang ada di daerah-daerah lain di Indonesia. Tidak ada kemajuan suatu daerah tanpa didukung dengan adanya transportasi udara,” kata Bupati.

Dia mengaku, dalam penerbangan perdana itu juga ikut beberapa investor yang ingin melihat peluang di Kabupaten Buru. Mereka berencana untuk investasi dibidang Pariwisata. ‘’Semoga ini menjadi hal positif untuk kemajuan Kabupaten Buru. Kedepan akan kami manfaatkan adanya transportasi ini sebaik mungkin karena akan mendorong pertumbuhuhan ekonomi di Kabupaten Buru,” ujarnya.

Ramli Makawimbang mengatakan, Kabupaten Buru akan dilayani penerbangan setiap hari. Jika frekuensi penumpang bagus, Wings Air bisa menambahkan armada untuk melayani rute Namlea – Ambon dan Ambon – Namlea.

Dirinya menyampaikan terimakasih kepada Bupati Buru karena telah memfasilitasi seluruh kesiapan hingga Wings Air terbang ke Namlea.

Plt Kadis Perhubungan Buru, Jamal Samak mengaku, pemerintah masyarakat Buru sangat mengapresiasi penerbangan Wings Air.  Pasalnya,  adanya transportasi udara ini akan meningkatkan  sektor-sektor publik di kabupaten ini.  ‘’Sektor pariwisata salah satu sektor yang akan meningkat jika ada transportasi udara tetap di Kabupaten Buru.

Karena selama ini,  banyak wisatawan yang ingin berkunjung, namun  pertanyaan yang sering muncul  apakah ada transportasi udara di Kabupaten Buru. Kini  pertanyaan itu akan terjawab dengan adanya penerbangan Wings Air ini,’’ katanya. (***)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top