Telaga Ola Meluap, Desa Buano Utara Terendam – Ambon Ekspres
Lintas Pulau

Telaga Ola Meluap, Desa Buano Utara Terendam

Rumah warga Desa Buano Utara, Kecamatan Humual Belakang Kabupaten SBB yang terendam banjir, Senin (12/2).

AMEKS ONLINE, AMBON.- Hujan deras yang menghantam, wilayah Seram Bagian Barat sejak Minggu (11/2) malam, membawa bencana banjir bagi warga Desa Buano Utara, Kecamatan Huamual Belakang, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB).

Dilaporkan, Senin (12/2) pagi, 100 rumah warga terendam banjir, akibat luapan air dari Telaga Ola yang terletak di pinggiran desa.

Salah satu pemuda Desa Buano Utara, Sehe Tamalene, menjelaskan, sejak Senin pagi., hujan deras masih menghantam wilayah Seram bagian Barat, akibat hujan deras membuat luapan air dari Telaga Ola merendam ratusan rumah warga. “Sekira 100 rumah warga di pinggiran telaga terendam. Banjir terjadi akibat hujan sejak semalam sampai sekarang (kemarin siang). Banjir setinggi lutut orang dewasa,” jelas Sehe saat menghubungi Ambon Ekspres via telepon selulernya, Senin (12/2).

Banjir yang merendam Desa Buano Utara, ungkap Sehe, kerap terjadi ketika datang musim hujan. Ratusan rumah warga menjadi langganan terendam banjir. Warga tidak dapat berbuat banyak dan pasrah, kendati warga telah berupaya menutup aliran air ke pemukiman warga.
“Kondisi ini pernah dilaporkan ke pemerintah daerah pada tahun 2016 dan Sekda SBB Manshur Tuharea, pernah turun tinjau langsung lokasi banjir tapi sampai sekrang belum ada tanggapan. Kejadian hari ini (kemarin) belum juga dilaporkan ke pemerintah daerah,” tuturnya.

Menurutnya, akibat banjir, harta benda warga terendam dan menyebabkan bibit penyakit. Karena itu, perlu langkah konkrit pemerintah daerah dengan membantu pembangunan saluran air pembuangan ke laut. Sehingga pada saat musim hujan, warga tidak lagi khawatir. “Pemerintah SBB terutama Dinas Pekerjaan Umum, supaya segera turun lalu menganalisis kondisi telaga sehingga bisa menjadi rujukan pembangunan saluran air,” harapnya. (SAT)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top