Kampanyelah Dengan Damai – Ambon Ekspres
Features

Kampanyelah Dengan Damai

Oleh : Kombes Polisi Moh Yamin Sumitra, Direktur Binmas Polda

Pesta demokrasi mulai tahapan kampanye, tahapan ini waktunya sangat panjang silahkan promosikan dan perkenalkan program yang terbaik dan tampilkan sosok calon seorang pemimpin baik, profesional, arif, bijaksana, bersih dari KKN, sederhana, bersahaja, taat kepada ketentuan-ketentuan, peraturan hukum dan perundang-undangan yang berlaku kepada masyarakat saat kampanye ini.

Dengan waktu yang sangat panjang pada tahapan kampanye ini, silahkan mainkan strategi-strategi yang baik untuk meyakinkan masyarakat kepada programnya, visi, misi dan sosok calon seorang kepala daerah baik. Jangan gunakan isu-isu SARA, hoax, hate speech, provokasi, black campaign, kampanye negatif untuk kepentingan dirinya untuk mendapatkan kekuasaan.

Karena rakyat sudah pandai dan cerdas serta tidak lagi berfanatik sempit, rakyat akan mengikuti semua bakal calon yang, sedang berkampanye untuk mendengarkan dan mengetahui apa yang dibicarakan oleh tokoh-tokoh partai politik yang mendukung, juru kampanye dan apa-apa saja kegiatannya.

Sambil melaksanakan pesta demokrasi biasanya disiapkan makanan, minuman, dibagi baju kaos, hiburan, dengan penyanyi dari ibu kota Jakarta, ada uang bensin untuk perjalanan dari rumah ketempat kampanye dan untuk pulangnya, kalaupun ada kampanye keliling uang bensinnya lebih besar lagi. Inilah rakyat merayakan pesta dimokrasi sambil berbahagia dan mendapat yang ditulis diatas. Juga sambil memonitor dan mengumpulkan data untuk mengambil keputusan dan bahan pertimbangan dalam memilih calon kepala daerahnya atau mencoblos pilihannya.

Rakyat juga sudah tahu dan tidak lagi begitu antusias alias semangat dan serius apalagi fanatik sempit kepada salah satu balonnya, karena yang dirasakan oleh rakyat siapapun presidennya, gubernurnya, bupati/walikotanya tidak terasa apa-apa, kecuali yang dirasakan langsung oleh rakyat sehari-hari yaitu jalan, listrik, air bersih kalau. Kalau dikota ada ledeng, kalau di kampung desa paling sumur, sumur bor dan mata air, (apalagi yang dulunya jalan tidak ada baru dibuat jalan, yang sudah ada jalan diperbaiki dan ditambah dari ketiga infrastruktur ini, yang sangat dirasakan dan dibutuhkan), situasi aman damai rukun tenang sehingga kegiatan rutin bisa berjalan dengan lancar dan sukses.

Jangan juga ada yang merekayasa, cipta kondisi yang membuat situasi dan kondisi ini, tidak nyaman, rakyat juga sudah tahu adanya mahar politik dan banyak yang terlibat korupsi secara umum rakyat, juga tidak diam dan tahu secara rutin terus berusaha dan berupaya secara bersama-sama untuk menjaga dan memelihara situasi dan kondisi yang tenang, aman, damai dan rukun.

Dan yang dirasakan langsung berikutnya sarana kesehatan (untung sekarang ada BPJS), sarana pendidikan (sekolah, pergiuruan tinggi, sarana transportasi (dari mulai kapal laut, pesawat, kereta, bandara serta pelabuhan mulai banyak dibangun 3 tahun terakhir) dan sarana perekonomian (pasar, pertokoan, mall-mall dll), bendungan untuk daya tampung air untuk mendukung pertanian.

Uraian diatas sebagai wacana untuk kita semua dalam menjaga dan memelihara situasi kondisi, kegiatan kampanye ini, dengan baik untuk mensukseskan Pilkada tahun 2018.
Semoga Allah selalu melindungi, mengayomi kita semua serta melimpahkan Rahmat dan Hidayahnya kepada kita semua Amin. (**)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top