OSO Sebut Ayu Hasanussi Bakal di PAW – Ambon Ekspres
Politik

OSO Sebut Ayu Hasanussi Bakal di PAW

Oesman Sapta Oedang

AMEKS ONLINE, AMBON.—Ketua Umum DPP Hanura, Oesman Sapta Oedang (OSO) menegaskan akan segera mempercepat proses Pergantian Antar Waktu (PAW) Ayu Hindun Hasanusi dari anggota DPRD Maluku. Menurut OSO, apa yang telah dilakukan mantan Ketua DPD Hanura Maluku ini merupakan pelanggaran keras. “PAW itu segera kita ganti.
Apalagi yang bersangkutan tidak patuh terhadap partai.
Akan kita batasi, putar. Karena tempat strategis harus ditempati orang yang betul-betul mengerti dan membela kepentingan organisasi partai,” tandas OSO di Ambon, Rabu (14/2).

Diakuinya, proses PAW akan dilakukan dalam waktu dekat. Menurutnya, ada mekanisme yang telah diatur dalam partai. Dimana proses PAW akan dilakukan dari daerah, dengan mengusulkan kepada DPP Hanura. Kemudian DPP Hanura akan mempertimbangkan. Karena tidak bisa keputusan tersebut tanpa pengusulan dan pertimbangan DPP.

Akan tetapi, kata OSO, apa yang telah dilakukan Ayu Hindun Hasanussi merupakan kesalahan yang fatal. Yakni tidak mengikuti perintah partai alias membangkang.

Sehingga dinilai sebagai sebuah pelanggaran keras yang tidak bisa diampuni. “Ada mekanismenya, melalui daerah mengusulkan ke pusat dan pusat pertimbangkan. Karena apa yang telah dilakukan dia (Ayu) merupakan pelanggaran keras dan tidak bisa diampuni. Jadi tidak ada ruang lagi,” tegas OSO.

Dirinya menghimbau bagi seluruh Fraksi Hanura DPRD Maluku segera merapat dan tetap dibawah kepemimpinan Muhammad Yasin Payapo selaku Plt Ketua DPD Hanura Maluku. Namun hal tersebut menjadi tanggung jawab DPD Hanura Maluku. Dan jika masih ada yang membangkang, maka bisa segera melaporkan langsung ke DPP Hanura. “Itu urusan DPP jika sebagian belum bersikap. Nanti lapor ke saya baru saya ambil keputusan. Tidak bisa saya tiba-tiba mengganti. Ya tidak mungkin. Harus tau masalahnya,” pesan dia.

Disinggung soal atribut partai, OSO menegaskan, seluruhnya harus ditarik dan dipindahkan kepada Plt DPD Hanura Maluku yang telah ditetapkan dibawah kepemimpinannya. “Seluruh atribut partai dan lainnya harus kembalikan. Ambil saja. Koordinasi dengan pihak kepolisian untuk mengambil,” serunya.

Sebelumnya, Ayu Hindun Hasanussi sempat mengatakan tidak takut dengan ancaman OSO terhadap jabatannya sebagai Ketua DPD Hanura Maluku maupun anggota DPRD Maluku. Menurutnya, dia tetap mengakui kepengurusan DPP Hanura dibawah kepemimpinan Daryatomo, berdasarkan anggaran dasar dan anggaran rumah tangga (AD/ART) Partai Hanura. “Kita tetap mengakui Marsekal Madya (Purn) Daryatomo selaku Ketua Umum DPP Hanura dan pak Wiranto sebagai ketua Pembina Partai Hanura. Sehingga kita tidak mengakui Oesman Sapta Odang (OSO) sebagai ketua umum kita,” tegas Ayu akhir Januari 2018 kemarin.

Sekedar tahu, Ayu Hindun Hasanussi merupakan salah satu mantan ketua DPD Hanura dari 27 DPD Hanura di Indonesia yang pernah menandatangani mosi tidak percaya terhadap OSO selaku Ketua DPP Hanura.

Alhasil, Ayu dipecat dari jabatannya sebagai Ketua DPD Hanura Maluku. DPP menunjuk Muhammad Yasin Payapo sebagai Plt Ketua DPD Hanura Maluku. (ISL)

Most Popular

To Top