Sahuburua Resmi Plt Gubernur Maluku – Ambon Ekspres
Berita Utama

Sahuburua Resmi Plt Gubernur Maluku

AMEKS ONLINE, AMBON.—Wakil Gubernur Maluku, Zeth Sahuburua resmi menjabat sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Maluku. Dia menggantikan Said Assagaff yang cuti karena mencalonkan diri sebagai Gubernur Maluku periode 2018 -2023.
Pengangkatan Zeth Sahuburua berdasarkan SK Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Thajo Kumolo Nomor 131.81-257 tanggal 13 Februari 2018 . Penyerahan jabatan Plt berlangsung di Kantor Gubernur Maluku, Rabu (14/2).
Acara juga dirangkai dengan pengukuhan Pejabat Sementara (Pjs) Bupati Kabupaten Maluku Tenggara, Semmy Risambessy.

Kepala Inspektorat Provinsi Maluku ini menggantikan sementara Bupati Kabupaten Maluku Tenggara Andreas Rentanubun yang berpasangan dengan Assagaff sebagai calon wakil gubernur.

Pengukuhan Pejabat Sementara Bupati Maluku Tenggara, Semmy Risambessy dilakukan Gubernur Maluku, Said Assagaff sesaat sebelum menyerahkan SK Mendagri kepada Zeth Sahuburua selaku Plt Gubernur Maluku. Selanjutnya, Plt Gubernur Maluku, Zeth Sahuburua menyerahkan SK jabatan kepada Risambessy selaku Pejabat Sementara Bupati Maluku Tenggara.

Assagaff dalam sambutannya mengatakan, Pjs Maluku Tenggara yang baru ditetapkan harus bisa menjalankan tugas dengan baik. Terutama dalam menjaga situasi dan kondisi jelang pelaksanaan Pilkada, serta mengatur sistem pemerintahan yang baik di daerah itu.
Menurutnya, sesuai UU Nomor 10 tahun 2015, seorang petahana yang maju dalam kompetisi Pilkada harus melakukan pengunduran diri atau cuti, dan tidak boleh mengunakan fasilitas negara untuk kebutuhan pribadi, terutama dalam kerja politik. “Aturan tersebut saat ini telah berlaku kepada saya dan pak Andreas Rentanubun. Selaku petahana, kami harus jalani cuti kampanye. Bahkan istri saya juga demikian sebagai Ketua Tim Penggerak PPK Provinsi Maluku, selama pelaksaan cuti, kami akan lepaskan semua fasilitas negara yang ada,” jelas Assagaff saat menyampaikan sambutannya.

Dalam kesempatan itu, Assagaff juga menitipkan Maluku kepada Zeth Sahuburua untuk bisa menjalankan tugasnya dengan baik. Dia meyakini dengan sejumlah pengalaman birokrasi maupun politik, yang dimiliki, Eti sapaan Zeth Sahuburua akan bisa mengemban tugas itu. “Saya yakin dengan kepemimpinan pak Zeth Sahuburua ini semuanya akan berjalan dengan baik. Karena beliau sudah punya segudang pengalaman yang bisa melaksanakan progran kerja nantinya,” tandas Assagaff.

Plt Gubernur Maluku, Zeth Sahuburua kepada wartawan mengatakan, akan melaksanakan tugas dengan baik. Terutama menciptakan situasi dan kondisi pilkada agar berjalan aman dan berkualitas. Selain itu, masalah netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) akan menjadi perhatian serius.

Dia juga mengatakan, tugas yang dilaksanakan tentunya disesuaikan dengan visi misi pembangunan Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku yang demokratis, terutama dalam menjaga hubungan dimasyarakat maupun sistem pemerintahan. “Saya tetap konsisten dengan tugas ini. Terutama untuk Pilkada Gubernur, Kota Tual dan Maluku Tenggara harus dilaksanakan dengan baik, aman dan tertib. Untuk ASN, mereka harus netral jangan ada yang main-main. Aturan sudah jelas, jika ditemui maka, tetap diperhadapkan dengan aturan itu sendiri ,” pungkasnya.(WHB)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top