Relawan BAILEO Gencar Sosialisasi ke Rumah Warga – Ambon Ekspres
Politik

Relawan BAILEO Gencar Sosialisasi ke Rumah Warga

AMEKS ONLINE, AMBON.—Guna mendapatkan dukungan dari masyarakat jelang Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku, 27 Juni 2018 mendatang, tim relawan muda mudi untuk pasangan Murad Ismail- Barnabas Orno telah melakukan pembagian stiker dan brosur. Sekaligus dilakukan sosialisasi visi misi pasangan dengan akronim BAILEO itu di masyarakat.

“Kita sudah door to door (dari rumah ke rumah) untuk melakukan pembagian stiker dan brosur di Kecamatan Nusaniwe, terutama wilayah Waihaong, Kudamati dan Kelurahan Urimeseng serta beberapa titik lainnya. Setelah ini dilanjutkan lagi di Kecamatan Sirimau, Baguala, Teluk Ambon, dan Leitimur Selatan,” ujar tim relawan BAILEO untuk Kota Ambon, Roy Jahubebjanan kepada Ambon Ekspres, Senin (5/3).

Dikatakan, jumlah anggota tim relawan yang sudah terdata saat ini sebanyak 300 orang. Bahkan, ada yang secara sukarela, nyatakan sikap ingin bergabung sebagai relawan, yang dibutikan dengan KTP serta tanda tangan.

Kehadiran para anggota baru sangat diperlukan, karena target tim relawan BAILEO untuk Kota Ambon, sebanyak 1000 orang. Relawan ini bergabung bukan karena paksaan, namun muncul dari hati nurani yang mengiginkan adanya pemimpin baru di Maluku untuk 5 tahun mendatang. “Tim yang sudah ada terbentuk, sebanyak 300 orang. Semuanya siap bekerja secara maksimal, untuk mensosialisasikan visi misi pasangan BAILEO agar diketahui oleh masyarakat. Bergabungnya mereka tanpa ada paksaan, tetapi kemauan sendiri yang ingin ada pemimpin baru di Maluku,” kata Roy.

Kedepan, kata dia, tim akan memiliki perencanaan yang matang, dimana tugas relawan tidak hanya untuk membagikan stiker dan brousur. Namun untuk penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) oleh KPU pada tiap kecamatan, maupun ditingkat TPS. Bahkan daftar pemilih tambahan sekalipun akan dipantau oleh tim relawan. Termasuk juga pada saat pencoblosan, hingga pengumutan suara nanti.

“Yang jelas, kerja relawan tidak hanya sosialisasi, namun disaat pemilihan nanti, sebanyak tiga relawan yang ditugaskan ditiap TPS untuk melakukan pemantauan. Bahkan, untuk penetapan DPT sekalipun tetap kita kawal,” jelasnya.

Sementara juru bicara pasangan BAILEO, Asiz Tuny yang dikonfirmasi mengatakan, apa yang dilakukan oleh tim relawan merupakan tindakan positif yang patut diberikan apresiasi. Menurut dia, dalam setiap pertarungan, tidak hanya partai pengusung maupun partai pendukung yang melakukan kerja pemenangan. Tetapi, tim relawan juga sangat diperlukan, untuk merekrut simpatisan masyarakat.

“Saya kira, untuk kerja pemenangan, semua lini harus difungsikan. Selain kerja partai koalisi, dukungan masyarakat, dan relawan, juga sangat diperlukan. Kemudian apa yang dilakukan tim relawan muda mudi saat ini merupakan sesuatu yang luar biasa,” kata Asiz.

Lebih lanjut dikatakan, untuk pasangan BAILEO memang ada beberapa lapisan tim relawan. Bahkan ada yang terbentuk sebelum Murad Ismail-Barnabas Orno resmi berpasangan. Kemudian, ada juga relawan yang dibentuk melalui angkatan atau alumni dari kedua pasangan ini. Termasuk, relawan muda mudi yang telah bekerja saat ini.

“Untuk kami di BAILEO, ada beberapa lapisan tim relawan. Misalkan ikatakan alumni. Kemudian relawan yang terbentuk sebelum Terbentuknya relawan ini, bukan karena paksaan, tetapi inisiatif dari meraka sendiri,” pungkasnya. (WHB)

Most Popular

To Top