Tiga Calon Rektor UKIM Sampaikan Visi – Misi – Ambon Ekspres
Berita Utama

Tiga Calon Rektor UKIM Sampaikan Visi – Misi

Ilustrasi/Net

AMEKS ONLINE, AMBON.—Tiga calon rektor Universitas Kristen Maluku (UKIM) periode 2017 – 2021 menyampaikan visi dan misinya dalam rapat senat terbuka, Senin (6/3). Ketiganya yakni Dr Simon Pieter Soegijono SE M.Si, Dr Josephus Noya M.Si, dan Dr Jafet Damamain.

Soegijono dalam penyampaian visi dan misinya mengatakan, menginginkan UKIM menjadi universitas yang inklusif, mandiri dan beradab demi kesejahteraan masyarakat kepulauan berdasarkan iman, pengetahuan dan kasih.

Ada empat misi yang diusungnya, yakni menyelenggarakan Tridharma Perguruan Tinggi yang berkualitas pada berbagai strata, menyelenggarakan program-program pendidikan yang unggul sesuai dengan konteks masyarakat kepulauan, menyelenggarakan pendidikan tinggi yang diilhami iman Kristiani serta membangun kerja sama dengan berbagai pihak di dalam dan di luar negeri.

“Untuk visi, saya sebagai bakal calon rektor UKIM lebih mengarah pada visi kepemimpinan yang berdasarkan pada kondisi kekinian. Rumusannya adalah UKIM berkualitas, beretika dan unggul sebagai institusi ilmiah. Sedangkan untuk misinya adalah misi pengembangan yaitu melalui peningkatan kualitas tenaga dan akademik, peningkatan dan pemantapan penggunaan teknologi informasi fan publikasi ilmiah,peningkatan mutu akademik dan non akademik serta peningkatan kinerja tenaga kependidikan,” ungkap Soegijono yang juga Dosen Fakultas Ekonomi UKIM ini.

Josephus Noya menyampaikan visinya menjadikan UKIM yang mandiri dan bermutu dalam mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan budaya dengan berproses pada karakter spritual dan ke Indonesiaan demi kesejahteraan masyarakat berbasis kepulauan yang diakui ditingkat lokal, regional, nasional dan internasional.

Sedangkan untuk misi, dosen Fisip UKIM itu mengedepankan 7 poin peningkatan mutu dan kualitas pendidikan. Diantaranya dengan membangun karekater spiritual UKIM yang kokoh, mensosialisasikan UKIM ke semua Klasis GPM dan pemerintah serta menyelenggarakan dan pengajaran yang tersistem, efisien, pluralis, intergratif dan berkualitas. ‘’Untuk menghasilkan output yang memiliki keunggulan akademik, integritas moral dan spiritual, kreatif, internasional, dengan menjunjung nilai-nilai kemanusian, kejujuran, keadilan, kebenaran, cinta kasih, damai dan persaudaraan sejati,’’ terangnya.

Ada beberapa tahap yang akan dilalui yaitu tahap konsolidasi internal seputar sistem dan struktur kelembagaan UKIM, tahap kedua berupa penguatan kapasitas kelembagaan berupa sistem tata kelola, regulasi, struktur, sarana prasarana dan sosialisasi serta tahap ketiga penguatan mutu akademik, sumber daya tenaga akademik dan penunjang akademik. Sementara tahap keempat yakni pengembangan instritusi berupa peningkatan level akreditasi program studi dan pembukaan program studi yang relevan.

Sementara itu, Jafet Damamin juga memaparkan visi nya dengan penuh percaya diri. Yakni hendak menjadikan UKIM sebagai lembaga pendidikan tinggi yang unggul di bidang pengetahuan dan teknologi, berakhlak mulia, berkepribadian, berdayaguna demi masyarakat kepulauan berdasarkan iman, pengharapan dan kasih.

Ada lima misi utama yang diemban. Diantaranya menyelenggarakan kegiatan akademik yang bermutu dan mengembangkan mahasiswa serta menghasilkan lulusan yang mengusasai Iptek yang bermanfaat bagi kemanusiaan, mengembangkan kegiatan akademik dan kemahasiswaan yang dijiwai nilai-nilai kepribadian yang matang berlandaskan iman, pengharapan dan kasih.

Kemudian meningkatkan status akreditasi lembaga dan program-program studi adalah hal yang jadi prioritas untuk menjamin keunggulan lembaga pendidikan UKIM agar diminati masyarakat luar.

Selanjutnya, meningkatkan kegiatan pengabdian masyarakat sebagai wadah aplikasi ilmu pengetahuan dan mendekatkan lembaga dan masyarakat, membangun dan menata insfaatruktur pendukung,baik perangkat keras maupun petangkat lunak untuk penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi.
“Saya sebagai calon rektor menegaskan beberapa strategi pengembangan yang perlu diterapkan dalam memajukan UKIM melalui pengembangan dibidang akademik, kemahasiswaan, administrasi umum dan keuangan, serta bidang perencanaan dan kerjasama,” ungkap dia dalam pemaparan visi misinya. (M3)

Most Popular

To Top