Pemerintah Fokus Pendidikan dan Kesehatan – Ambon Ekspres
Pendidikan

Pemerintah Fokus Pendidikan dan Kesehatan

AMEKS ONLINE, AMBON.—Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati mengatakan, persoalan pendidikan dan kesehatan tahun ini, menjadi perhatian pemerintah pusat. Hal ini dibuktikan dengan alokasi anggaran yang diperuntukan untuk pendidikan tahun 2018 mencapai Rp 444 triliun dan untuk kesehatan sebesar Rp 110 triliun.
“Pemerintah pusat terus berupaya meningkatan dua sisi ini, yakni pendidikan dan kesehatan pada anggaran APBN 2018. Tujuannya untuk lebih meningkatkan kualitas kedua bidang ini di masyarakat,” jelas Sri Mulyani saat memberikan sambutan pembukaan Konferensi Musik Indonesia di Taman Budaya Karang Panjang, Rabu (7/3).

Dikatakan, pemerintah berkeinginan mencerdaskan anak bangsa. Terutama yang ada di daerah pedalaman, semuanya harus dibantu guna mendapatkan hak yang sama. Termasuk juga untuk masalah kesehatan. Masyarakat Indonesia harus tumbuh sehat dan optimal. “Kedua program ini dianggap penting, sehingga menjadi perioritas oleh pak Presiden Joko Widodo. Terutama untuk daerah pedalaman dan wilayah perbatasan,” kata dia.

Sri Mulyani yang baru terpilih sebagai menteri terbaik di dunia ini mengatakan, untuk pembangunan infrastruktur, pemerintah telah mengalokasikan dana sebesar Rp 410 triliun. Untuk mengurangi kemiskinan dan kesenjangan bagi masyarakat Indonesia, juga dianggarkan sekitar Rp 440 triliun. ‘’Ini merupakan angka yang sangat besar, dalam APBN negara tahun 2018,’’ terangnya.

Dikatakan, anggaran sebesar itu tidak ada manfaat positifnya, jika tidak dikelola secara baik. Terutama bagi pemerintah daerah. “Harapan pemerintah pusat, anggaran sebanyak ini harus dibelanjakan sesuai dengan kebutuhan yang ada, berdasarkan program yang ditetapkan. Terutama bagi kepala daerah, karena pada akhirnya akan ada laporan pertangunggjawaban juga,” ingatnya.

Dikatakan, program yang dicanangkan oleh pemerintah pusat tahun ini, seiring dengan kunjung secara langsung ke daerah pelosok maupun terluar yang belum mendapat perhatian sehingga menyebabkan terjadinya kesenjangan sosial di masyarakat.

Menteri keuangan RI era Susilo Bambang Yudhoyono ini juga mengaku, sangat mendukung penuh Ambon sebagai Kota Musik, karena Maluku mempunyai segudang penyanyi yang handal dan sangat terpopuler di kanca nasional maupun internasional. Bahkan dengan adanya Konferensi Musik Indonesia di kota bertajuk Manise ini, membuat Ambon semakin dikenal.

Dia mengaku, kehadirannya di Kota Ambon juga merupakan suatu kebanggan. Karena selama ini belum ada satupun Menteri Keuangan RI yang datang ke Maluku. Hanya dia, satu-satunya menteri keuangan di era Presiden Joko Widodo yang datang ke Ambon. “Secara tegas saya sangat mendukung penuh Konferensi Musik Indonesia di Kota Ambon sebagai kota musik dunia. Bahkan saya lebih bersyukur lagi, karena satu-satunya Menteri Keuangan RI yang pertama kalinya menginjakan kaki di Kota Manise ini,” pungkasnya.

Selain menghadiri Konferensi Musik Indonesia, Menteri Sri Mulyani juga memberikan kuliah umum di Universitas Pattimura Ambon. (WHB)

Most Popular

To Top