Minta Paslon Berkampanye Secara Elegan – Ambon Ekspres
Politik

Minta Paslon Berkampanye Secara Elegan

Foto/Net

AMEKS ONLINE, AMBON.–Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Maluku, Zeth Sahuburua mengingkatkan tiga pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku agar memberikan pendidikan politik kepada masyarakat selama kampanye.

Pasangan calon (paslon) harus mengutamakan visi, misi dan program. Bukan adu domba lewat politik identitas.
“Kenapa harus dimanfaatkan ? Karena ini merupakan kesempatan bagi pasangan calon untuk menyampaikan visi misi mereka lewat proses kampanye, yang tahapannya sudah dimulai dari sekarang, hingga 23 Juni nanti. Kemudian yang terpenting lagi adalah pendidikan politik di masyarakat,” ujar Sahuburua kepada wartawan, Sabtu (10/3).
Penawaran visi dan misi kepada masyarakat, kata dia, lebih ideal dan elegan daripada menyampaikan pernyataan yang menimbulkan ketersinggungan antar paslon dan tim.

Selain itu, tim sukses maupun simpatisan dari tiga pasangan calon, yaitu Said Assagaff-Anderias Rentanubun (SANTUN), Murad Ismail- Barnabas Orno (BAILEO) dan Herman Koedoeboen-Abdulah Vanath (HEBAT), harus berperan penting dalam memelihara stabilitas keamanan. Bukan sebaliknya, saling menghujat satu dengan yang lain. “Jangan karena merebut dukungan suara, lalu kemudian menerapkan cara-cara yang bisa merusak tatanan hidup orang basudara, yang selama ini terjaga dengan baik,” terang Sahuburua.

Mantan Ketua DPD Golkar I Maluku ini menjelaskan, bahwa Pemprov telah melakukan kerjasama dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), KPU maupun Bawaslu untuk sama-sama menjaga proses pilkada berjalan dengan baik, aman dan berkualitas.

Masing-masing komponen akan melaksanakan perannya dalam rangka menyukseskan pilgub maupun pilkada Kota Tual, dan Kabupaten Maluku Tenggara (Malra) yang berlangsung secara bersamaan nanti. “Jalin kerja sama ini, bertujuan agar kita tetap satu dalam berpendapat, untuk menjaga proses pilkada dapat berjalan dengan baik, aman dan berkualitas. Olehnya itu, dibutuhkan peran dari semua stakholder,” pungkasnya. (WHB)

Most Popular

To Top