Sekneg Oma Dieksekusi ke Lapas – Ambon Ekspres
Hukum

Sekneg Oma Dieksekusi ke Lapas

Ilustrasi/Net

AMEKS ONLINE, AMBON.- Terpidana korupsi alokasi dana desa dan dana desa Negeri Oma Tahun 2015, Kecamatan Pulau Haruku, Kabupaten Maluku Tengah, Julianus Sekawael (Sekretaris Negeri Oma), Jumat (16/3) dieksekusi Kejari Ambon dari Rutan Klas II A Ambon ke Lapas Klas II A Ambon.

Eksekusi dilakukan menyusul putusan Pengadilan Tipikor Ambon yang menghukum terpidana ini tiga tahun penjara, denda Rp.50 juta subsider tiga bulan penjara serta membayar uang pengganti Rp.140.362. 507 subsider enam bulan kurungan.

“Kita sudah lakukan eksekusi terhadap terpidana korupsi Julianus Sekawael pada jumat kemarin. Yakni, dari Rutan Klas II A Ambon ke Lapas Klas II A Ambon. Ya, putusan Pengadilan Tipikor Ambon itu ingkra, jadi harus di eksekusi,” terang Kasi Pidsus Kejari Ambon, Irwan Somba kepada media ini, Jumat (17/3).

Sementara itu, kontra memori banding untuk Raja Negeri Oma Joseph Caleb Pattinama, belum dibuat karena masih menunggu memori banding dari terdakwa.”Sampai saat ini kita belum menerima memori banding dari terdakwa karena belum dimasukan ke pengadilan, bila sudah menerima memori banding, kontranya akan segera kita siapkan,” katanya.

Sebelumnya, Raja Negeri Oma, Kecamatan Pulau Haruku, Kabupaten Maluku Tengah, Joseph Caleb Pattinama, menyatakan banding. Tekat banding Josrph itu, karena Ia tidak puas dengan vonis tiga tahun penjara yang dijatuhkan majelis hakim Pengadilan Tipikor Ambon atas dirinya dalam kasus korupsi dana desa dan alokasi dana desa tahun 2015.

Sedangkan Sekretarisnya Julianus Sekawael tidak lagi mengajukan banding. Ia menerima putusan Majelis Hakim yang mengadili perkara tersebut. (M1)

Most Popular

To Top