PDIP Klaim Maksimal Dukung BAILEO – Ambon Ekspres
Politik

PDIP Klaim Maksimal Dukung BAILEO

AMEKS ONLINE, AMBON.—PDI Perjuangan memastikan, telah bekerja maksimal untuk kemenangan pasangan Murad Ismail-Barnabas Orno. Namun, klaim ini belum tentu selaras dengan kenyataan di lapangan. Taring banteng kekar belum tampak utuh.

Analis politik, M Jais Patty mengatakan, belum terlihat kencangnya gerakan PDIP di lapangan. Mungkin karena masalah internal. Apalagi pasangan Murad Ismail – Barnabas Orno atau BAILEO diusung banyak partai politik.
“Kalau PDI-P tidak kencang, saya kira ini masalah internal BAILEO. Ya, resiko kalau banyak partai begitu.

Partai-partai ini kan juga perlu akomodasi dalam bergerak,” ujar Jais ketika dimintai tanggapan soal belum masifnya gerakan parpol, terutama PDIP untuk penguatan pasangan BAILEO, Kamis (22/3).
Sebagai partai besar, PDIP memang menjadi pergerakan utama parpol koalisi untuk menggalang dukungan warga terhadap Murad dan Barnabas. Namun, peran partai juga sangat penting, karena tumpuan kekuatan BAILEO adalah parpol pengusung.
“PDIP memang sangat penting menjadi motor penggerak bagi BAILEO, walaupun demikian partai-partai lain juga bisa membantu. Karena lokomotif yang paling dominan di BAILEO ini kan partai. Jadi, kalau mereka tidak bergerak dengan baik, kan percuma banyak partai tapi tidak cukup membantu,” jelas Jais.

Wakil Ketua DPD PDIP Maluku, Benhur Watubun menegaskan, partainya telah bekerja maksimal di lapangan. Sehingga, tidak perlu dipertanyakan lagi. “Kami kerja banting tulang, kok mesti ada pertanyaan lagi ?,” jawab Benhur ketika ditanya mengenai kerja PDIP.

Menurut dia, seluruh kerja konsolidasi maupun kampanye PDIP untuk pemenangan BAILEO, tidak harus terlihat oleh masyarakat. ”Memangnya, pergerakan mesti kami eksopose,” tandasnya.

Dia menambahkan, konsolidasi mesin partai untuk kemenangan pasangan yang diusung PDIP, Nasdem, Hanura, PKPI, PPP, Gerindra, PKB dan PAN, itu adalah kewajiban. Sebab, target PDIP adalah menang Pilkada, dan Murad dan Barnabas merupakan bagian dari PDIP. “MI (Murad Ismail) akan menjadi kader PDI Perjuangan, BO (Barnabas Orno) adalah kader PDI Perjuangan. Jadi, tidak ada pilihan lain, selain kami memastikan kerja untuk pemenangan,” pungkas Benhur.

STRATEGI JAGA BASIS
Ketua harian tim pemenangan pasangan BAILEO, Hamdani Laturua mengatakan, semua papol pengusung telah bergerak untuk pemenangan BAILEO. Baik bersama kandidat saat kampanye tatap muka maupun konsolidasi di internal parpol masing-masing.
“Kami sudah mobile dengan kandidat di 10 kabupaten dan kota. Masih MBD yang belum kami kunjungi. Dari 10 itu, partai pengusung semuanya berpartisipasi untuk menyampaikan kepada semua simpatisan dan penduduk di masyarakat untuk mendukung pasangan yang kami usung,” akui Hamdani.

Ketua DPW Partai Nasdem Maluku itu mengungkapkan, tim pasangan nomor urut 2 itu memiliki strategi untuk mengawal dan menjaga basis. Salah satunya, usai kandidat dan tim parpol provinsi dan kabupaten menggelar kampanye tatap muka, tim parpol dan relawan di daerah menggalang dukungan dan menjaga basis agar tidak direbut kandidat lain.
“Jadi, strateginya begitu. Setelah kami lakukan kampanye tatap muka, ada tim yang bertugas untuk melakukan penggalangan dan menjaga basis-basis itu. Karena nanti ada calon yang masuk, dan itu sudah biasa,” urainya.

Hal ini dilakukan, akui Hamdani, karena masih banyak warga yang belum menentukan pilihan politiknya. Baik terhadap pasangan BAILEO, maupun dua pasangan lainnya, yakni Said Assagaff-Anderias Rentanubun (SANTUN) dan Herman Koedoeboen-Abdullah Vanath (HEBAT).
“Mudah-mudahan dengan pencerahan kandidat lewat kampanye tatap muka ini mereka bisa lakukan penetapan hati. Besok-besok kami akan balik lagi untuk yakinkan mereka. Semua paslon begitu,” pungkasnya. (TAB)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top