Kepulauan Maluku Lebih Indah dari Pulau Seribu – Ambon Ekspres
Pesona Manise

Kepulauan Maluku Lebih Indah dari Pulau Seribu

AMEKS ONLINE, AMBON.—Karakteristik Maluku sebagai wilayah kepulauan yang indah sangat berpotensi untuk dikembangkan sebagai lokasi kunjungan wisata. Potensi wisata bahari sejumlah lokasi di daerah ini juga dinilai lebih indah dari kawasan Pulau Seribu di Provinsi DKI Jakarta. Demikian disampaikan Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta, Mayjen TNI (Purn) H Ferrial Sofyan kepada wartawan saat bertandang ke kantor DPRD Maluku di Ambon, Kamis (12/4).

Dikatakan, dirinya sudah pernah ke Raja Empat, Labuan Bajo dan beberapa tempat wisata lainnya. Namun, dia mengaku, alam di Maluku sangat luar biasa.

Menurutnya, keindahan Pulau Seribu tidak ada apa-apanya jika dibandingkan dengan keindiaan alam di Maluku. Potensi wisata ini jika dikelola dengan baik dapat memajukan daerah dari sisi pendapatan. “Untuk pelestarian Pulau Seribu tidak terlalu baik. Tergantung pemerintah melalui dinas terkait untuk memaksimalkan kinerjanya,” tandas anggota Fraksi Demokrat DKI Jakarta ini.

Ketua DPRD Maluku Edwin Huwae mengatakan, masalah pariwisata di Maluku sebagai isu sentral yang harus diperhatikan. Menurut dia, berdasarkan pernyataan rombongan DPRD DKI Jakarta, keindahan Pulau eribu, tidak sebanding dengan karakteristik wilayah di Maluku. “Pertemuan ini merupakan sering pendapat, menyangkut pengelola wilayah kelautan yang menjadi destinasi wisata kedepan,” katanya .
Dikatakan, lokasi wisata di Maluku sejauh ini belum diperhatikan secara menyeluruh karena masih kekurangan anggaran. Diketahui ABPD Maluku per tahun sebesar Rp 3,4 triliun. Sangat berbeda dengan APBD DKI Jakarta sebesar Rp 77 triliun. “Masih banyak tempat wisata yang belum tertata dengan baik, karena faktor anggaran. Namun, saya kira meski terkendala di anggaran tetapi harus ada kreativitas dari dinas terkait, untuk bagaimana mendatangkan wisatawan lewat promosi wisata keluar,” tandas Edwin.

Ketua DPD PDIP Maluku ini juga memberi peringatan kepada masyarakat untuk selalu menunjukkan sikap yang baik kepada para wisatawan yang berkunjung ke Maluku, khususnya di Kota Ambon.
Ini penting, karena Bali sejauh ini dikenal dengan tempat wisatanya, hingga ke penjuru dunia. Salah satunya dari kesopanan masyarakat terhadap orang asing. “Keterlibatan masyarakat sangat diperlukan dengan menghargai para wisatawan yang berkunjung ke daerah ini. Misalnya jika masyarakat yang ramah, tentu menarik perhatian wisatawan selalu berkunjung ke Maluku. Ini yang kita harapkan,” ungkapnya.

Pantaun koran ini pertemuan yang berlangsung diruang rapat paripurna, dipimpin oleh Ketua DPRD Maluku Edwin Huwae, di dampinggi wakil ketua, Elviana Pattiasina, dan Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Ferrial Sofyan, yang dihadiri oleh anggota DPRD Maluku dan rombongan dari DPRD DKI Jakarta. (WHB)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top