DPT Kota Ambon untuk Pilgub 207.053 – Ambon Ekspres
Politik

DPT Kota Ambon untuk Pilgub 207.053

AMEKS ONLINE, AMBON.—Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Ambon telah menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) pemilihan Gubernur Wakil Gubernur sebanyak 207.053. Jumlah tersebut, berkurang dari DPT Pemilihan Walikota Wakil Walikota tahun 2017 yang berjumlah 237. 627.
“Hari ini (kemarin) kami telah melakukan rapat pleno penetapan DPT untuk lima kecamatan dengan totalnya sebanyak 207.053. Jumlah ini berkurang dari DPT Pilwakot sebanyak 237. 627,” ujar Devisi Data KPU Kota Ambon, Syafrudin Layn Kepada Ambon Ekspres, Kamis (19/4).

Penurunan jumlah DPT, dikarenakan banyak data ganda. Sehingga pada saat dilakukan verifikasi perbaikan Daftar Pemilih Sementara (DPS) di tingkat PPS banyak yang dihilangkan, sehingga untuk data murninya makin berkurang.

Selain itu, Penitia Pengumutan Suara (PPS) juga menemukan banyak yang Tidak Memenuhi Syarat (TMS). Bahkan ada warga yang pindah alamat, dan pindah penduduk dan meninggal dunia.
“Sesuai aturannya, jika ketika melakukan perbaikan DPS ada warga yang pindah alamat atau pindah penduduk selain Kota Ambon, TMS dan meninggal dunia, maka harus dihapus dari data pemilih sementara tidak bisa digunakan,” katanya.

Dia mengatakan, warga yang namanya belum tercantun di DPT diperbolehkan untuk mengunakan hak suaranya saat pemilihan nanti. Namun harus dibuktikan dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP) Elektronik atau e-KTP yang beralamat Kota Ambon agar ditunjukan kepada Panitia Pengumutan Suara (PPS) dan para saksi pasangan calon yang berada di TPS.

Kemudian, untuk yang belum memiliki fisik e-KTP, maka perlu melakukan perekaman agar mendapatkan Surat Keterangan (Suket) dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Diskucapil) sebagai bukti telah melakukan perekaman.
“Warga yang belum terdaftar dalam DPT bisa mengunakan hak suaranya. Jika sudah memiliki e-KTP atau Suket dari Diskucapil Kota Ambon, maka diperbolehkan. Kemudian waktu pencoblosannya diberikan di jam terakhir tepatnya pada Pukul 12-00 Wit. Karena mereka termasuk sebagai pemilih tambahan,” tandasnya.

DPT yang ditetapkan, nantinya diserahkan kepada KPU Provinsi, bersama dengan DPT dari 10 Kabupaten/kota lainnya untuk ditetapkan nanti sebagai Daftar Pemilih Tetap (DPT) pemilihan Gubernur Wakil Gubernur tahun 2018.
“Rencana besok (hari ini) kami akan menyerahkan DPT Kota Ambon di KPU Provinsi dan selanjutnya ditepakan sebagai DPT pilgub bersama dengan 10 Kabupaten/kota lainnya,” pungkas Syafrudin. (WHB)

Most Popular

To Top