Tips dan Trik Packing Untuk Bagasi Kabin – Ambon Ekspres
Coffe Break

Tips dan Trik Packing Untuk Bagasi Kabin

(Unsplash/Anete Lusina)

Salah satu cara menghemat pengeluaran untuk tiket pesawat adalah dengan tidak membeli bagasi tambahan yang harganya cukup lumayan. Harga bertambah saat kamu harus membayar bagasi tambahan di luar bagasi gratis dan bagasi kabin yang telah disediakan oleh maskapai. Tiap maskapai punya aturan dan batasan maksimal yang berbeda, jadi kamu harus teliti ya sebelum membeli, jangan langsung membeli saat harga tiket pesawat murah tanpa memperhatikan detail pesanan.

Untuk menyiasatinya, ada tips dan trik yang mudah anda lakukan, yaitu dengan memperhatikan cara mengemas barang bawaan. Khusus buat bagasi kabin, begini triknya agar koper kamu tidak diturunkan ke bagasi reguler.

Cek Ukuran Koper

Masing-masing maskapai punya aturan sendiri soal dimensi koper atau tas yang diperbolehkan masuk ke dalam kabin. Karena itu, sebelum kamu mulai packing, cek dulu di web resmi maskapai yang bakal kamu naiki. Apakah koper milikmu ukurannya sudah sesuai dengan batas yang diberikan? Bila lebih, segera cari tas yang lebih kecil agar bisa kamu bawa masuk ke kabin.

Timbang Sebelum Diisi

Sebelum memasukkan barang, timbang dulu berapa berat koper atau tas yang bakal kamu bawa. Setelah itu mulailah memasukkan barang ke dalamnya dan timbang lagi sampai batas maksimal yang diperbolehkan oleh maskapai.

Letakkan Hanya Barang Penting di Kabin

Baju, sepatu dan perlengkapan lain yang ukurannya besar dan berat sebaiknya diletakkan di bagasi utama. Ambil satu saja baju ganti dan handuk kecil di bagasi kabin sebagai jaga-jaga kalau kamu harus transit lama dan bagasi utama sudah terbang duluan ke kota tujuan.

Pilih barang-barang yang penting saja untuk disimpan di dalam bagasi kabin. Seperti laptop, benda berharga dan obat-obatan. Pastikan semua ditata rapi agar tidak berantakan selama di kabin.

Batas Bahan Cair Yang Bisa Masuk Kabin

Sabun cair, lotion dan benda-benda cair lainnya hanya diperbolehkan maksimal 100ml per kemasan dan secara total adalah 1 liter. Ini adalah aturan umum dan dipakai oleh hampir semua maskapai di seluruh dunia.

Satukan benda-benda berisi barang cair ini dalam sebuah pouch plastik yang tertutup rapat. Kemudian masukkan di sela-sela kain agar tidak mudah tumpah ketika pesawat bergoyang.

Manfaatkan Ruang-Ruang Kosong Yang Bisa Diisi

Bagasi kabin bisa menjadi alternatif mengurangi beban bagasi utama. Biasanya ada ruang-ruang yang kosong di sela koper, seperti di dalam sepatu atau topi. Manfaatkan ruang-ruang ini sebagai tempat penyimpanan barang kecil seperti pakaian dalam dan kaus kaki. Dengan demikian, bagasi utama tidak akan terlalu berat dan bagasi kabin juga tidak kelebihan beban.

Satukan Tentengan Plastik Dalam Kardus

Habis beli oleh-oleh untuk dibawa pulang dan membuat tangan kanan dan kiri penuh dengan barang bawaan. Hal ini tentu mengganggu kenyamanan penumpang lainnya di dalam pesawat. Agar lebih mudah, kemas ke dalam satu kardus dan tata dengan rapi lalu ikat dengan kuat. Selain mudah dibawa, hal ini juga memudahkan kamu untuk meletakkan barang bawaan di kabin yang berada di atas kursi.

Kabin yang ringkas dan berukuran pas akan menghemat biaya bagasi kamu. Jadi cukup membayar dengan harga tiket pesawat murah di https://www.traveloka.com/tiket-pesawat, tanpa harus membeli tambahan bagasi atau kena risiko bagasi kabin dipindah ke bagasi reguler karena terlalu berat.

Selamat mencoba!

Most Popular

To Top