Mendadak Kejari Malteng Klaim Tangani Kasus Sarpras Leihitu – Ambon Ekspres
Lintas Pulau

Mendadak Kejari Malteng Klaim Tangani Kasus Sarpras Leihitu

AMEKS ONLINE, MASOHI.—Upaya Satreskrim Polres Maluku Tengah (Malteng) mengungkap indikasi kejahatan anggaran dalam pengalihan anggaran proyek sarana dan prasarana  olahraga di Kecamatan Leihitu dihebohkan dengan kabar bahwa Kejaksaan Negeri (Kejari) Malteng juga mengusut kasus yang sama. Padahal, sebelumnya Kepala Kejari Malteng Robinson Sitorus menegaskan tidak akan mengusut dugaan korupsi itu.

“Saya koordinasi dengan Jaksa Veky Mailoa.
Dikatakan bahwa kasus Sarpras sudah ditangani Kejari Malteng,” ungkap penyidik Satreskrim Polres Malteng, Ipda Edy Samale, Rabu (2/5).

Menurut dia, jaksa mengaku sementara berkordinasi dengan bagian inte. “Koordinasi saja dengan kasi intel, saksi-saksi sudah diperiksa itu,” tambahnya meniru pernyataan penyidik Kejari Malteng itu.

Informasi ini sontak mengundang tanya. Pasalnya, sejak informasi tentang indikasi korupsi  anggaran  pembangunan sarana dan prasarana olahraga dihembuskan sejumlah media massa, secara kelembagaan, Kejari Malteng tampak tidak berhasrat melakukan pengusutan terhadap kasus ini.

Kasi Intel Kejari Malteng Afrisal Tuasikal yang dikonfirmasi membenarkan informasi itu. Hanya saja, dia mengaku apa yang dilakukan jaksa sebatas wawancara dengan pihak terkait. “Benar itu. Tapi baru sebatas wawancara. Ini kita lakukan sejak awal pemberitaan terkait hal ini marak di media massa,” tandas Tuasikal.

Menurut dia, langkah yang diambik jaksa bukan melakukan pemeriksaan saksi kasus korupsi. “Bukan pemeriksaan saksi. Tapi hanya sebatas wawancara saja,” terang Tuasikal.

Dikatakan, wawancara yang dilakukan pihaknya hanya sebatas mengumpulkan informasi. “Jadi bukan penyelidikan atau penyidikan. Kalau tahap itu berarti sudah menjadi kasus. Kita baru sebatas wawancara saja,” kuncinya. (MYX)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top