Pengadilan Tolak PK Hentje – Ambon Ekspres
Hukum

Pengadilan Tolak PK Hentje

AMEKS ONLINE, AMBON.–Upaya hukum terpidana Hence Abraham Toisutta bebas dari jeratan kasus korupsi pembelian lahan dan bangunan Bank Maluku Maluku Utara, kandas lagi. Bagian Kepaniteraan tindak pidana korupsi Pengadilan Negeri Ambon menolak Peninjauan Kembali yang diajukan Henjte.

Upaya hukum PK diajukan istri Hentje, Dorlina Supriatin Lion. Pengajuan ditolak, karena Hentje melarikan diri. Sampai kemarin Kejaksaan Tinggi Maluku telah memasukannya dalam Daftar Pencarian Orang atau DPO.

Sebelumnya, Mahkamah Agung dalam amar kasasinya, yang menjatuhkan hukuman 12 tahun penjara, dan denda Rp. 1 miliar subsider delapan bulan. Dia juga dibebankan uang pengganti sebesar Rp7,2 miliar subsider empat tahun kurungan itu.

“Yang ada dalam persidangan sidang PK adalah terpidana. Kalau dia tidak ada, bagimana PK jalan, makanya kita tolak,” ungkap Humas Pengadilan Negeri (PN) Ambon, Herry Setiabudy kepada Ambon Ekspres di ruang kerjanya, Senin (7/5).

Hentje adalah, terpidana kasus korupsi dan TPPU proyek pengadaan atau pembelian lahan dan gedung kantor cabang PT Bank Maluku dan Malut di Surabaya tahun 2014 senilai Rp54 miliar. “Istrinya juga mengakui, kalau tidak tau keberadaan Hence saat ini dimana. makanya kita tolak,”kata Herry.

Kasipenkum dan Humas Kejati Maluku, Sammy Sapulette yang dikonfirmasi koran ini mengaku belum dilakukan eksekusi terhadap Hentje. Masih dalam proses untuk eksekusi. “Secepatnya akan dieksekusi, soal keberadaanya kita belum tau, namun sesuai prosedur itu akan dilalui oleh tim eksekutor nanti,” jelas Sammy. (NEL)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top