Korupsi Malteng Tertahan di Polisi – Ambon Ekspres
Hukum

Korupsi Malteng Tertahan di Polisi

Ilustrasi Korupsi/Net

AMEKS ONLINE, AMBON— Banyak kasus dugaan korupsi di Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah ditangani penyidik polisi. Kasus ini ditangani empat bulan lalu. Sampai kemarin, belum satupun tersangka yang ditetapkan. Kasusnya mulai mandek. Beberapa pekan lalu, penyidik Polres Malteng kembali menangani kasus baru.

Kasus yang ditangani penyidik polisi, diantaranya dana operasional Kecamatan Leihitu tahun 2015 senilai Rp. 17,6 miliar. Lalu pengalihan dana proyek sarana olahraga ke pembangunan gedung SMA­N 3 Masohi tahun 2015 sebesar Rp 1,5 miliar, dan proyek pengadaan kapal tangkap fiberglass 30 GT tahun 2010.

Dari penyidikan tiga kasus ini, ditemukan lagi kasus baru. Uang makan minum di Pandopo Maluku Tengah. Kasus ini sedang dalam penyelidikan polisi. Penyelidikan masih diarahkan untuk periode 2013 sampai 2017. Siapa saja yang terlibat, polisi beralasan masih mendalaminya.

Total dananya mencapai Rp 2.374.659.000. Untuk apa penggunaan dana itu, dan aliran dananya, masih diselidiki polisi. Penyidik belum bisa berkesimpulan ada tidaknya tindak pidana korupsi dalam kasus yang baru ditangani mereka ini. “Yang pasti sejumlah orang sudah diperiksa,” ungkap sumber koran ini di Polres Malteng kemarin.

Bupati sendiri menegaskan, akan penuhi panggilan penyidik polisi, bila dipanggil untuk dimintai keterangan terkait kasus uang makan minum. Bagi dia tak masalah, karena penggunaan dana tersebut sudah diaudit oleh Badan Pemeriksa Keuangan. Malteng sendiri berulang kali mendapat predikat WTP.

Pengungkapan kasus ini, menambah jumlah kasus dugaan korupsi yang ditangani Polres Malteng dalam lima bulan terakhir. Sebelumnya jarang terdengar kasus dugaan korupsi ditangani polisi. Karena itu, banyak pihak mengaitkan apa yang dilakukan polisi terkait dengan pemilihan Gubernur Maluku 27 Juni lalu. “Kita komitmen mengungkapkan kasus ini. Dalam waktu dekat akan ada tersangka,” kata sumber koran ini.

Meski demikian soal janji penetapan tersangka ini sudah berulangkali disampaikan Polres Malteng. sampai kemarin, belum juga ada satu orang ditetapkan sebagai tersangka dari beberapa kasus yang ditangani.(ERM)

Most Popular

To Top