Jaksa Lacak Rumatoras-Hentje Pakai Alat Canggih – Ambon Ekspres
Hukum

Jaksa Lacak Rumatoras-Hentje Pakai Alat Canggih

ILUSTRASI. (NET)

AMEKSONLINE, AE.- Kejaksaan Tinggi Maluku masih mencari keberadaan Yusuf Rumatoras terpidana kasus korupsi dana kredit macet pada PT Bank Maluku dan Malut. Dia menghilang sudah enam bulan lalu paska vonis lima tahun penjara oleh hakim Mahkamah Agung RI.

Pengusaha real estate di Maluku ini juga sudah dimasukan dalam daftar pencarian orang oleh Tim Eksukotor Kejati Maluku. “Untuk Rumatoras masih dikejar,” kata Kasipenkum dan Humas Kejati Maluku, Sammy Sapulette kepada koran ini, kemarin.Ê

Kejati optimis akan menemukan jejak Rumatoras, setelah memiliki alat pelacak canggih.ÊSelain Rumatoras, Kejati Maluku juga masih mengejar Hentje Abraham Toisuta terpidana korupsi pembelian lahan dan gedung untuk Bank Maluku-Malut Cabang Surabaya.

“Tim terus bergerak. Yang pastinya, optimis keduanya akan tertangkap,” tegas dia. Sekadar tahu saja, Yusuf Rumatoras merupakan terpidana perkara kredit macet senilai Rp 4 miliar di Bank Maluku. Awalnya Rumatoras dinyatakan bebas langsung. Artinya ada perbuatan, namun perbuatan yang didakwakan Jaksa, dinyatakan hakim bukan perbuatan pidana. Hingga akhirnya Jaksa mengajukan kasasi langsung di Mahkamah Agung RI, Yusuf akhirnya dijerat 5 tahun penjara.

Selain pidana badan, Direktur PT Nusa Ina Pratama (NIP) itu dihukum membayar uang pengganti Rp 4 miliar jika tidak, hukuman ditambah empat tahun penjara.

Sementara Hentje Abraham Toisuta, Dirut CV Harves dihukum 12 tahun penjara. Hentje terbukti bersalah dalam perkara pembelian lahan dan gedung kantor cabang Bank Maluku di Surabaya senilai Rp 54 miliar. Ia juga dihukum denda Rp 1 milyar subsider 8 bulan kurungan, serta diwajibkan membayar uang pengganti Rp 7,2 milyar subsider 4 tahun penjara. (NEL)

Most Popular

To Top