Nenek 104 Tahun, Pertama Kali Memiliki E-KTP – Ambon Ekspres
Berita Utama

Nenek 104 Tahun, Pertama Kali Memiliki E-KTP

Ambon, ameksOnline.- Usia sudah seabad lebih 4 tahun, Wandea baru bisa memiliki KTP-elektronik. Selama ini, dia hidup tanpa identitas kependudukan. Gubuk berukuran 2 x 2 dipilihnya sebagai tempat tinggal.

Dia hidup seorang diri di perumahan Pemda II RT 003/RW 01, Kecamatan Teluk Ambon, Kota Ambon. Letak gubuknya di tengah-tengah pemukiman warga. Banyak warga yang menaruh belas kasih kepada nenek 104 tahun ini.

Makan dan minumnya diberikan para tetangganya. Meski sudah rentah, Wandea masih kuat berjalan. “Dia tinggal sendiri. Dan memang dia ingin sendiri,” kata salah satu tetangganya.

Wandea berkeinginan punya E-KTP laiknya orang lain. Dengan E-KTP, dia bisa mengurusi administrasi terkait bantuan, pelayanan kesehatan, maupun administrasi lainnya.

Keinginannya itu akhirnya terpenuhi. Dia dibantu Seorang petugas Bhabinkamtibmas, Polsek Teluk Ambon, Kota Ambon, Bripka Hasan Heluth. Polisi yang biasa di sapa San ini, rela menggendong Wandea ke kantor kelurahan.

Di kantor kelurahan, San membantu menyelesaikan semua pengisian identitas Wandea hingga selesai. “Saya cuma membantu saja. Kasihan, nenek itu agak kesulitan kalau mau mengurusi hal-hal yang berkaitan dengan pemerintahan maupun lainnya,” kata San, pagi tadi.

Setelah menyelesaikan urusan administrasi kependudukan Wandea, San kembali menggendong nenek tua ini kembali ke gubuk reotnya. “Saya hanya melayani penduduk yang butuh bantuan,” kata San.(Upi)

Most Popular

To Top