Kades Sakit, Kasus Tertunda

by

AMBON,AE.-Penetapan tersangka Kepala Desa Rumanama Kotawouw, Kecamatan Kataloka Pulau Gorom, inisial AB hingga kini belum dilakukan. Penundaan penyerahan berkas tahap II karena kades tersebut masih sakit.

Plt Kasupsi Pidum dan Pidsus Cabajari SBT di Geser, Tonny R Lesnussa yang dikonfirmasi Ambon Ekspres menjelaskan, Cabjari Geser telah melayangkan surat pemanggilan sebanyak dua kali, namun kades tersebut beralasan sakit.

“Kita sudah layangkan surat pemanggilan sebanyak dua kali namun kades tersebut beralasan sakit. Kita akan melayangkan surat pemanggilan yang ketiga. Apabila bersangkutan masih beralasan sakit tanpa menunjukan bukti yang jelas, maka akan dijemput paksa,”kata Lesnussa.

Sebelumnya tim penyidik Cabang Kejaksaan Negeri SBT di Geser telah menetapkan tiga kepala Desa, sebagai tersangka setelah menyerahkan berkas tahap II. Hingga kini ketiga tersangka telah menjalani sidang di Pengadilan Tipikor Ambon.

Menurutnya, dalam pengelolaan Alokasi Dana Desa dan Dana Desa Rumanama Kotawouw di Kecamatan Kataloka Pulau Gorom tahun 2015 hingga 2017 tak sesuai dengan peruntukannya. Selain itu, kata dia, sejumlah laporan pertanggungjwaban terhadap pengelolaan anggaran tersebut fiktif.

“Prinsipnya, jika yang bersangkutan mangkir dari panggilan tanpa alasan yang pasti maka tim penyidik Cabjari SBT di Geser akan melakukan upaya lanjut yakni jemput paksa,”pungkasnya. (AKS)