Rumah dan Sawah Warga Terendam Banjir di Kobi

by

Ambon, ameksOnline.- Hujan sehari yang mengguyur sejumlah daerah di Pulau Seram, Maluku Tengah, menyebabkan sejumlah sungai meluap. Puluhan rumah penduduk di Dusun Kobi Raja, Kecamatan Seram Utara Timur Kobi, Kabupaten Maluku Tengah, terendam banjir. Kamis,(17/1).

“Banjir tersebut menyebabkan 90 rumah warga terendam. Kejadian ini memang sudah berulang kali terjadi ketika musim hujan tiba, namun kondisi ini sama sekali tidak pernah di perhatikan Pemerintah setempat dalam hal ini Pemda Maluku Tengah, kata Salah satu warga Kobi Raja, Soleman (49).

Sejumlah kepala keluarga terpaksa memilih mengungsi karena rumahnya selama banjir masih meluap tidak bisa ditempati. Lokasi-lokasi yang aman dari terjangan banjir dijadikan tempat pengungsian sementara. Hingga kemarin tidak ada bantuan dari pemerintah.

Kita harus mengungsi di tempat ketinggian, sambil menunggu keringnya air yang menggenangi kawasan pemukiman, “ kata dia.

Sepanjang Januari di 2019 sudah mencapai 10 kali terjadi banjir. Warga mengalami kesulitan karena ratusan hektar sawah terendam banjir. Sebagian besar lahan persawahan milik petani gagal panen.

Warga berharap, pemerintah bisa memberikan bantuan atau solusi atas masalah yang dihadapi. “Banjir itu kan musibah tidak bisa kami tolak. Tapi pemerintah kan bisa mencari solusi atas masalah ini agar banjir yang datang tidak lagi membuat sawah kita gagal panen,” ungkap salah satu warga disana.(upi)