Dua ‘Musuh’ Lama Saling Serang

by

AMBON, AE.- Bentrokan dua wilayah bertetangga kembali terjadi. Saling lempar antara dua kelompok Pemuda di pertigaan gereja Rehobot, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon tak terhindarkan. Aparat kepolisian bersenjata lengkap langsung membubarkan dua kelompok yang sudah saling berhadap-hadapan.

Tidak ada korban jiwa dalam aksi saling serang batu ini. Namun perang batu itu sempat membuat aktivitas masyarakat dari dan ke Kudamati-Air Salobar sempat lumpuh. Bentrokan ini terjadi melibatkan dua kelompok pemuda Batu Gantung Dalam dan Batu Gantung Ganemo.

Insiden ini terjadi sore tadi sekira pukul 17.45 hingga malam. Polisi hingga pukul 23.30 malam tadi masih berada di lokasi kejadian untuk memastikan tidak ada lagi bentrokan susulan atau aksi balas dendam.

Bentrokan dipicu adanya penghadangan dan pemukulan yang dilakukan oleh sekelompok pemuda terhadap Rivaldo Toisuta (18) , warga Batu Gantung Dalam.

Rivaldo yang saat itu sedang mengendarai sepeda motor Yamaha Mio JT warna biru hitam bernomor Polisi 6023 AG dari arah Batu Gantung menuju ke samping gereja Rehoboth, dicegat oleh KL bersama beberapa rekannya.

Tanpa basa-basi, p KL langsung memukuli korban dan mengambil sepeda motornya. Aksi pemukulan Rivaldo Toisuta, menimbulkan konsentrasi massa antar kedua kelompok pemuda yang berujung pada aksi saling lempar batu.

Untuk meredam aksi saling lempar batu antar kedua kelompok pemuda di Batu Gantung tersebut, anggota Polsek Nusaniwe yang tiba di tempat kejadian perkara sekitar pukul 20.00, melakukan penyisiran di lokasi Batu Gantung Ganemo. Mereka menemukan sepeda motor korban yang di bawah oleh para pelaku.

Sepeda motor korban yang berhasil di amankan di kembalikan ke ibu korban, Frina Toisuta (45). “TKP aman, setelah Personil PRC Polres P. Ambon Pp Lease, bersama personil pos Polisi Benteng yang dipimpin oleh Kabag Ops serta Personil Satgas BKO 731/Kabaresi diterjunkan ke TKP untuk  membubarkan massa. TKP sementara aman,”Ungkap Kasubag Humas Polres P Ambon dan Pp.Lease, Ipda Julkisno Kaisupy tadi malam.

Dua kelompok pemuda bertetangga ini berulangkali terlibat bentrok, terakhir sebelum kejadian sore tadi, sejumlah pemuda dari Batu Gantung Dalam ditahan karena terlibat penganiayaan. Hingga saat ini sebagian diantara mereka masih menjalani masa hukuman.(NEL)